Menteri Anies: "Jangan Percaya Kunci Jawaban yang Diperjualbelikan"

| 08 April 2016

Tanggapan Menteri Guru dan Pendidikan atas Bocoran Jawaban UN 2016
Anies Baswedan (aniesbaswedan.com)
Salah satu hal yang sering mengganggu pelaksanaan ujian nasional (UN) ialah beredarnya isu tentang bocoran jawaban yang diperjualbelikan. Seperti dilansir di laman Kemendikbud, tahun inipun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerima pengaduan adanya bocoran kunci jawaban yang tersebar di berbagai daerah. Dengan sigap, Kemendikbud pun langsung mengecek kesesuaian bocoran tersebut dengan kunci jawaban asli. Hasilnya, berbagai bocoran tersebut ternyata kadar kesesuaiannya sangat rendah jika dibandingkan dengan kunci jawaban yang asli.

"Pas diuji kebenarannya, justru yang benar hanya sekitar dua puluh persen. Jadi jangan percaya pada kunci jawaban yang ditawarkan atau diperjualbelikan. Itu motifnya ekonomi," ujar Mendikbud saat meninjau pelaksanaan UN Pendidikan Kesetaraan di Depok, Jawa Barat, Rabu, 06 April 2016.

Oleh karena itu, Menteri Anies menghimbau para siswa dan orang tua untuk percaya diri dan bersikap skeptis terhadap bocoran kunci jawaban yang beredar. "Prestasi itu penting, jujur yang utama,"kata Pak Menteri mengutip moto Unas 2016.


InformasiGuru.Com Updated at: 23.19