Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 (Empat) Ribuan Siswa Berkompetisi di O2SN 2016

4.126 Pelajar Ikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional


Ribuan Siswa Ikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2016
Sejumlah 4.126 siswa dari jenjang SD hingga SMK, dan siswa PKLK di seluruh Indonesia bersiap berkompetisi di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN 2016) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN 2016) ini bermaksud sebagai usaha untuk memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi siswa. Pada tahun ini, olimpiade yang berlangsung pada 24 sampai 30 Juli 2016 di Jakarta itu mengusung tema "Generasi Sportif, Bangsa Produktif".




“Melalui tema di tahun ini, diharapkan O2SN 2016 dapat menjadi wadah bagi pembinaan siswa untuk mencapai sebuah pembentukan sikap sehat, jujur dan arif pada setiap peserta, sehingga dapat menjadikan sebuah karakter yang berkepribadian, dan dapat menghasilkan bangsa yang produktif dalam menciptakan insan sehat, cerdas, dan berbudi pekerti luhur,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), pada pembukaan O2SN 2016, di Jakarta.

"O2SN ini sebagai wahana untuk menunjukkan sikap sportivitas serta prestasi yang terbaik karena para peserta O2SN yang hadir adalah para juara yang telah mampu mewakili daerahnya. Mari tunjukkan bahwa kita mempunyai generasi baru Indonesia yang patut dibanggakan," urainya.

Para siswa peserta O2SN 2016 pada jenjang SD diikuti sebanyak 714 siswa, jenjang SMP diikuti 1.156 siswa, SMA diikuti 816 siswa, dan SMK diikuti 1.032 siswa, serta pada jenjang PKLK diikuti 408 siswa. Para siswa tersebut didampingi oleh 1.088 pendamping, dan 340 orang Pembina. Juri dan Wasit akan difasilitasi oleh 1.191 orang, sedangkan asisten juri dan asisten wasit sebanyak 84 orang. 10 cabang lomba yang dipertandingkan, antara lain Catur, Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja, Karate, Pencak Silat, Renang, Bola Voli, Bocce, dan Balap Kursi.

Untuk para peraih juara I, II, dan III akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan beserta medali. Dan ada juga piala bergilir yang akan diberikan kepada juara umum. Sedangkan sertifikat partisipasi lomba akan diberikan kepada seluruh peserta, juri, dan pendamping lomba.

Dengan adanya ajang O2SN 2016 ini diharapkan mampu memfasilitasi pembangunan karakter, karena pendidikan tidak hanya bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi cerdas, tetapi juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun. Selain berkompetisi meraih prestasi, manfaatkan momen yang baik ini untuk saling berinteraksi antar peserta O2SN untuk saling mengenal antar peserta yang berasal dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda-beda, yang selanjutnya berlanjut pada ikatan persahabatan dan persaudaraan serta menghargai perbedaan dalam upaya mewujudkan persatuan Indonesia.” jelas Pak Menteri.

Dengan ajang O2SN 2016 ini diharapkan mampu semakin terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh dan kuat. Dan diharapkan pula dapat semakin mewujudkan sikap dan pribadi siswa yang bugar, sportif, kompetitif, mau bekerjasama, dan bisa menghargai prestasi orang lain. Kemudian, dapat tercipta suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar daerah di bidang olahraga, terwujudnya pengembangan bakat dan kreativitas bidang olahraga terhadap siswa secara optimal, rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, dan terwujudnya sikap toleransi, kompetitif, dan jiwa sportivitas siswa.

* Sumber: Kemdikbud



Posting Komentar untuk "4 (Empat) Ribuan Siswa Berkompetisi di O2SN 2016 "