Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 15 Perguruan Tinggi Penyelenggara PLPG

15 Perguruan Tinggi Jadi Penyelenggara Program Sertifikasi Profesi Guru
15 Perguruan Tinggi Jadi Penyelenggara Program Sertifikasi Profesi Guru
Image by: Pixabay





Terkait dengan telah resmi dirilisnya informasi dari Kemendikbud melalui Dirjen GTK, Sumarna Surapranata, bahwa tahap pelaksanaan PLPG tahun 2016 akan dimulai pada bulan Oktober tahun 2016 dan dijadwalkan pengumuman kelulusannya adalah pada bulan Desember tahun 2016. Dan turut mencuat kabar yang mengiringi jadwal pelaksanaan PLPG ini, yakni dengan diterbitkannya dua kebijakan baru dari Kemendikbud:

  1. Peningkatan batas nilai syarat kelulusan
  2. Ketentuan diperbolehkannya mengulang ujian sertifikasi bagi guru yang tidak lulus ujian.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, seharusnya sesuai jadwal yang telah ada, program PLPG tahun 2016 ini jatuh pada bulan Juli 2016 yang lalu. Walaupun terkesan molor dari jadwal awalnya, akhirnya kejelasan datang juga dengan kepastian bahwa jadwal program PLPG akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti. Jumlah guru yang akan disertifikasi pada tahun ini sekira 69.259 guru, baik yang diangkat sebelum tahun 2005 maupun setelah tahun 2005.

Masih terkait dengan kabar tersebut, ada sebanyak 15 perguruan tinggi yang ditetapkan menjadi penyelenggara program sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sesuai Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Kemudian, ke-15 perguruan tinggi tersebut akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) guna menyelenggarakan program sertifikasi guru melalui PLPG pada tahun 2016.

Direktur Jenderal GTK Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, 15 perguruan tinggi yang berperan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) itu juga menjadi rayon atau penyelenggara utama yang akan bekerja sama dengan 32 perguruan tinggi subrayon dan 32 perguruan tinggi mitra, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) dalam menyelenggarakan PLPG tahun 2016.

Ia menuturkan, PLPG tahun ini akan diselenggarakan mulai Oktober 2016, dan diharapkan kelulusan guru-guru peserta PLPG 2016 akan rampung pada Desember 2016. PLPG tahun 2016 akan diikuti 69.259 guru, baik yang diangkat sebelum tahun 2005, maupun setelah tahun 2005.
“Rinciannya, sebanyak 53.616 adalah guru yang diangkat sebelum dan hingga tahun 2005, dan sebanyak 15.616 adalah guru yang diangkat setelah tahun 2005,” kata Pranata usai penandatanganan surat perjanjian kerja sama dengan rektor-rektor perguruan tinggi di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat pagi (16/9/2016). 
Berdasarkan Kepmenristekdikti Nomor 296/M/KPT/2016 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Melalui Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, ada tiga kategori perguruan tinggi dalam penyelenggaraan PLPG, yaitu rayon, subrayon, dan mitra.

Lima belas (15) perguruan tinggi yang berperan sebagai LPTK yang menjadi rayon adalah:

  1. Universitas Syah Kuala, 
  2. Universitas Negeri Medan, 
  3. Universitas Negeri Padang, 
  4. Universitas Negeri Jakarta, 
  5. Universitas Pendidikan Indonesia, 
  6. Universitas Negeri Yogyakarta, 
  7. Universitas Negeri Semarang, 
  8. Universitas Sebelas Maret, 
  9. Universitas Negeri Surabaya, 
  10. Universitas Negeri Malang, 
  11. Universitas Jember, 
  12. Universitas Pendidikan Ganesha, 
  13. Universitas Cendrawasih, 
  14. Universitas Muhammadiyah Malang, 
  15. dan Universitas Negeri Makasar. 

Dalam penyelenggaraan PLPG tahun 2016, setiap perguruan tinggi yang menjadi rayon itu akan bekerja sama dengan perguruan tinggi subrayon dan perguruan tinggi mitra yang juga telah ditetapkan dalam Kepmenristekdikti. 



Posting Komentar untuk "Daftar 15 Perguruan Tinggi Penyelenggara PLPG"