Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemendikbud Anugerahkan Penghargaan Bagi 54 Budayawan

54 Budayawan Segera Terima Penghargaan dari Kemendikbud



54 Budayawan Segera Terima Penghargaan dari Kemendikbud
Image by: Pixabay


Pada hari Jumat (23/9/2016), Mendikbud Muhadjir Effendy akan menganugerahkan penghargaan untuk 54 budayawan terpilih. Ke-54 budayawan tersebut bakal menerima penghargaan dalam kegiatan apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016 yang sedianya akan dilangsungkan Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menuturkan, apresiasi dalam bentuk anugerah kebudayaan maupun penghargaan kepada maestro seni tradisi menjadi simbol untuk lebih mendalami makna dan arti momen penghargaan. Ini menjadi salah satu bukti bahwa para budayawan dan Kemendikbud memiliki komitmen untuk terus melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.

Terbilang ada 9 kategori penghargaan dan anugerah untuk ke-54 calon penerima tersebut, antara lain;
  • Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Bintang Budaya Parama Dharma;
  • Gelar Tanda Kehormatan dari Presiden RI Kelas Satyalancana Kebudayaan; 
  • Pencipta, Pelopor, dan Pembaru; 
  • Pelestari; 
  • Maestro Seni Tradisi; 
  • Anak dan Remaja; 
  • Pemerintah Daerah; 
  • Media; 
  • Komunitas dan Perorangan Asing.
Hilmar menambahkan, untuk para maestro karya seni tradisi langka dan tetap aktif menggelutinya hingga sekarang dan telah melestarikannya sampai minimal 25 tahun dan berusia lebih dari 60 tahun maka akan mendapatkan dana tunjangan untuk kontinyuitas melestarikan tradisi sampai akhir hidupnya. Karya budaya yang dihasilkan tak lepas dari nilai budaya masyarakat setempat, apalagi jika karya tersebut telah hidup bertahun-tahun.
“Ini adalah salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” ujar Hilmar saat menggelar konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jakarta, (20/9/2016).
Agenda apresiasi Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi semacam ini sudah dilakukan oleh Kemendikbud dari tahun 2012 yang lalu. Untuk mengapresiasi masyarakat serta memberi sumbangan nyata terhadap upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan tahunan ini. Kegiatan ini juga menjadi program apresiasi dalam kerangka penguatan karakter bangsa.

Posting Komentar untuk "Kemendikbud Anugerahkan Penghargaan Bagi 54 Budayawan"