Kata Jokowi: Matematika dan Sains Adalah Kerangka Utama Kemajuan dan Inovasi

| 10 November 2016

www.informasiguru.com

Presiden: Matematika dan Sains Kerangka Utama Kemajuan dan Inovasi

Presiden: Matematika dan Sains Kerangka Utama Kemajuan dan Inovasi


Presiden Joko Widodo dan Mendikbud Muhadjir Effendy pada tanggal 9-11-2016 kemarin menghadiri pembukaan Olimpiade Internasional Sains dan Matematika Tingkat Sekolah Dasar atau International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary School 2016 yang bertema “Smart, Skilled, and Creative in a Joyful Competition for Excellent”. di Kota Tangerang, Banten. Pada sambutannya, Presiden Jokowi berucap bahwa matematika dan sains adalah merupakan kerangka utama dalam kemajuan serta inovasi.


“Semakin banyak calon pakar matematika dan sains di dunia, maka diyakini kemajuan umat manusia di dunia makin cerah sebab matematika dan sains adalah kerangka utama dari banyak kemajuan dan inovasi,” tutur Jokowi.

Beliau menambahkan, dirinya amat bangga melihat wajah anak-anak muda yang merupakan calon-calon pakar matematika dan sains dunia yang hadir di IMSO 2016 ini. Di sisi lain, Jokowi turut mengingatkan kepada para delegasi yang berasal dari 22 negara bahwa esensi dari ilmu pengetahuan adalah bagaimana hal tersebut dapat bermanfaat bagi kebaikan bersama.

“Jangan hanya disimpan di kepala masing-masing, jangan hanya untuk pintar sendiri, dan jangan hanya untuk kejayaan pribadi,” jelasnya.

Sepaham dengan Presiden Jokowi, Mendikbud Muhadjir Effendy juga mengatakan bahwa matematika dan Sains adalah pelajaran yang menarik, karena kedua mata pelajaran tersebut berkembang secara dinamis pada semua bidang penelitian dan memainkan peranan yang sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

“Selain itu, dengan mempelajari matematika, anak-anak dapat berpikir secara logis, sehingga anak yang pandai dalam matematika memiliki kesempatan karir yang lebih luas,” urai Muhadjir.

Muhadjir berharap IMSO ini dapat menjadi indikator khusus bagi Indonesia untuk mengukur bagaimana siswa dapat memacu kemampuan berpikir nalar, dan menyediakan wahana bagi siswa SD untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang matematika dan sains sehingga dapat berkreasi serta melakukan sesuai kemampuannya di tingkat internasional.

Olimpiade Internasional Sains dan Matematika Tingkat Sekolah Dasar atau International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) for Primary School 2016 merupakan penyelenggaraan yang ke-13. IMSO 2016 diikuti 22 negara peserta, dan akan berlangsung pada tanggal 9 s.d 13 November 2016 di Kota Tangerang, Banten. Beberapa negara peserta IMSO 2016 antara lain Thailand, Belanda, China, Nepal, Iran, Korea Selatan, Bulgaria, dan Afrika Selatan.

Penyelenggara IMSO 2016 adalah Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dan didukung oleh Pemerintah Kota Tangerang sebagai tuan rumah. Pemilihan KPM sebagai penyelenggara dan Pemkot Tangerang sebagai tuan rumah merupakan keputusan Executive Board Committee yang diputuskan pada tahun 2015 di Thailand. Kompetisi IMSO akan dibagi ke dalam tiga jenis lomba. Salah satu keunikan IMSO adalah terdapat lomba eksperimen untuk bidang sains dan lomba eksplorasi.





InformasiGuru.Com Updated at: 16.22

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.