Peringatan HGN 2016 Bersama Asosiasi Profesi Guru

| 07 November 2016

Peringatan Hari Guru Nasional 2016 Libatkan Asosiasi Profesi Guru

Peringatan Hari Guru Nasional 2016 Libatkan Asosiasi Profesi Guru 


Semangat pagi, Salam Informasi....


Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2016 akan segera diselenggarakan Kemendikbud bekerja sama dengan asosiasi profesi guru. Asosiasi profesi guru tersebut antara lain Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), dan Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu).

“Kami sudah bertemu semua organisasi profesi guru sebanyak enam kali untuk mempersiapkan peringatan Hari Guru Nasional tahun ini,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata di Jakarta, (3/11/2016).

Ia mengatakan, rangkaian peringatan Hari Guru Nasional tahun 2016 akan terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, akan diselenggarakan Gerak Jalan Sehat pada Minggu, 20 November 2016, dengan pelaksana utama PGRI DKI Jakarta. Kedua, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata pada 22 November 2016 yang akan dilakukan Kemendikbud dan dihadiri juga oleh organisasi profesi guru. Ketiga, upacara bendera tepat di Hari Guru Nasional sekaligus HUT PGRI ke-71, yakni tanggal 25 November 2016. Keempat, simposium guru dan tenaga kependidikan pada tanggal 26 November 2016 yang akan diikuti sekitar 2.000 guru. Untuk kegiatan upacara bendera dan simposium guru, akan dikoordinir oleh Kemendikbud bersama-sama dengan organisasi profesi guru.

Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan dalam peringatan Hari Guru Nasional akan membahas 10 topik, yaitu: (1) Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan, (2) Optimalisasi Pendidikan Inklusi, (3) Revitalisasi SMK dalam Menghadapi Daya Saing Ketenagakerjaan, (4) Membangun Budaya Literasi di Satuan Pendidikan, (5) Profesionalitas Guru dan Tenaga Kependidikan melalui GTK Pembelajar, (6) Perlindungan Guru dan Tenaga Kependidikan, (7) Membangun Sekolah yang Aman dan Nyaman untuk warga Sekolah, (8) Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan di Daerah 3T, (9) Teknologi Informasi sebagai Media dan Sumber Pembelajaran, dan (10) Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemudian puncak acara Hari Guru Nasional tahun 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2016 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Bogor, Jawa Barat. Rencananya Presiden Joko Widodo akan menghadiri puncak acara itu, dengan jumlah peserta sekitar 10.000 guru.

Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”. Dirjen GTK Sumarna Surapranata mengatakan, tema tersebut sama dengan tema tahun lalu. “ “Kita (masih) menggunakan tema ‘mulia karena karya’, karena para guru sudah berkarya untuk republik ini,” katanya.

Tema “Mulia Karena Karya” dinilai sangat relevan dengan kebijakan pemerintah untuk menghargai profesi guru dan tenaga kependidikan menuju masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan beradab, di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.



InformasiGuru.Com Updated at: 05.37

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.