Cara Gampang Cek Keaktifan NUPTK

| 20 Februari 2017

Cara Gampang Cek Keaktifan NUPTK

Cara Praktis Cek Keaktifan NUPTK Secara Online



Semangat Pagi, Salam Informasi....

Sebelum kami membahas tentang topik bahasan kali ini tentang Cara Praktis Cek Keaktifan NUPTK Secara Online, ada baiknya kita mengingat kembali akan pengertian dari NUPTK itu sendiri. Tentunya Anda semuanya sudah dan masih ingat tentang pengertian NUPTK kan?

Bagi yang belum tahu atau mungkin sedikit lupa tentang pengertian NUPTK, maka akan kami jelaskan dahulu tentang pengertiannya. Pengertian dari NUPTK ialah nomor identitas yang bersifat nasional untuk semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat permanen karena NUPTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan. NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. NUPTK merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

Setelah kita memahami secara penuh pengertian NUPTK tersebut, kini akan kami jabarkan secara gamblang tips atau cara praktis untuk mengecek keaktifan NUPTK secara online. Perlu diketahui bersama, bahwa status NUPTK seorang pendidik dan tenaga kependidikan baik yang di bawah payung Kemendikbud ataupun Kemenag bisa secara praktis dan mudah dicek/ ditelusuri via nomor NUPTK masing-masing pemiliknya. Data NUPTK yang disajikan pada hasil pengecekan adalah hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK terbaru generasi Padamu Negeri.

Berikutnya akan kami informasikan tentang cara praktis dan gampang cek keaktifan NUPTK secara online di laman gtk.kemendikbud seperti di bawah ini:
  • Silahkan untuk mengakses di laman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/ 
  • Klik pada menu bertuliskan "Status NUPTK"
  • Silahkan untuk menginput NUPTK Anda dan tekan Enter atau Klik tombol search
Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan secara benar, maka akan muncul hasil pengecekan NUPTK. Data yang akan ditampilkan terkait status keaktifan NUPTK jika langkah pengecekan sudah benar adalah sebagai berikut:
  • NUPTK Anda
  • Nama Pemilik NUPTK/ Nama Anda
  • Tanggal Lahir
  • Tempat Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • NIK
  • NIP
  • Status : NUPTK AKTIF ( terdaftar di Kemdikbud )
Bagi Anda yang sedang membaca informasi ini dan sampai saat ini belum mengecek status keaktifan NUPTK, maka sebaiknya segera cek status NUPTK Anda dengan cara praktis cek keaktifan NUPTK secara online seperti yang telah kami paparkan di atas. Silahkan segera dipraktekkan dan semoga tulisan kami terkait NUPTK ini memberi manfaat bagi Anda semuanya. Akhir kata, salam sukses selalu! 

Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kanan halaman ini.

(Redaksi)



InformasiGuru.Com Updated at: 05.49

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi