Silabus Sejarah untuk SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

| 28 Februari 2017


Secara global pada abad ke-21 ini bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang berat dari dalam maupun luar. Di dalam masyarakat, masyarakat menghadapi berbagai konflik horizontal yang bersifat Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA), krisis kepercayaan terhadap aparatur dan institusi Negara, Korupsi yang melibatkan anggota dewan, pengusaha, dan aparat penegak hukum semaki merajalela, saling menghujat satu sama lain, jurang pemisah antara kaya dan miskin semakin lebar, dan fenomena lainnya yang cendrung mengarah kepada disintegrasi bagsa. Dari luar, bangsa ini dipengaruhi oleh perkembangan budaya asing yang bebas masuk kedalam negara ini sebagai konsekuensi dari globalisasi, seperti menghadapi komunitas ASEAN 2020 (ASEAN Community 2020) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015. Liberalisme, materialisme, sekulerisme, hedonisme, dan konsumersme mempengaruhi pola pikir dan perilaku bangsa ini. Ironinya, bangsa ini enggan untuk belajar dari masa lampau, mengambil pelajaran dari para pendiri bangsa bagaimana setelah melalui proses yang panjang bangsa ini bisa dipersatukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang masih berdiri tegak sampai saat ini.
Untuk memenuhi tuntutan diatas maka diperlukan pembelajaran sejarah kritis dan komprehensif maka didalam struktur kurikulum 20013 Mata Pelajaran Sejarah menjadi dua bagian mata pelajaran Sejarah Indonesia yang wajib diikuti oleh peserta didik di SMA/MA dan SMK/MAK serta sejarah yang masuk dalam program peinatan atau menjadi pilihan pada lintas minat di SMA/MA.

Silabus Sejarah untuk SMA-MA-SMK-MAK  kurikulum 2013 revisi 2016 kali ini kami sajikan untuk Anda dengan harapan dapat memberi manfaat bagi Anda dalam mengelola pekerjaan akademik maupun administratif Anda sebagai seorang guru setingkat SMA untuk mata pelajaran Sejarah.


Sebelum download silabusnya dalam format doc, kami kutipkan daftar isi dari silabusnya:

DAFTAR ISI

I. PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Kompetensi Setelah MempelajariIlmu Pengetahuan Sosial di  Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
C. Kompetensi Setelah Mempelajari Sejarah Indonesia di Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan
D. Kerangka Pengembangan Kurikulum Sejarah Indonesia Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan
E. Pembelajaran dan Penilaian
F. Kontekstualisasi Pembelajaran Sesuai dengan Kondisi Lingkungan dan Peserta Didik

II. KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas X
B. Kelas XI
C. Kelas XII



Berikut adalah link download-nya:

Download Silabus Sejarah (SMA/MA/SMK-MAK) Kurikulum 2013 Revisi 2016 pdf | doc

Jika Anda merasa tulisan ini berguna, silahkan like dan sebarkan. Terima kasih.
Baca Juga:


InformasiGuru.Com Updated at: 18.32

0 comments:

Poskan Komentar