Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendikbud Himbau Pemda Galakkan Pendidikan Vokasi

Mendikbud Sarankan Pemda Prioritaskan Pendidikan Vokasi
image by: Kemendikbud

Mendikbud Sarankan Pemda Prioritaskan Pendidikan Vokasi



Guna mencetak tenaga terampil Indonesia, dalam hal ini Pemda secara khusus didorong oleh Mendikbud Muhadjir Effendy untuk memberikan penekanan prioritas pada pendidikan vokasi. Hal ini langsung digaungkan oleh Muhadjir kala melakukan kunker atau kunjungan kerja di kabupaten Banyuwangi pada haris Sabtu tanggal 4-3-2017 lalu.

“Pendidikan Vokasi menjadi salah satu arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk diberikan prioritas sebagai wujud menciptakan tenaga terampil yang berdaya saing,” begitu yang disampaikan Mendikbud ketika mengunjungi SMK Negeri 1 Glagah, Banyuwangi. SMK yang memiliki keunggulan keterampilan Nautika dan menjadi salah satu hal yang menjadi kebanggaan Indonesia. Pada bulan Juni tahun ini, 10 peserta didik SMK itu akan dikirim ke Jepang untuk menerima pelatihan selama tiga tahun.
“Hal ini perlu di contoh oleh sekolah kejuruan lain, dan memberikan motivasi bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam memberikan penguatan dan perhatian terhadap pendidikan vokasi,” tutur Mendikbud.
Melanjutkan kunjungan kerjanya, Mendikbud lantas mengunjungi SMK Negeri 1, Kecamatan Giri, Banyuwangi, yang memiliki keunggulan di bidang pariwisata. Pada kesempatan ini Mendikbud meresmikan Edotel Kusuma Banyuwangi (hotel 12 kamar) yang diinisiasi oleh para alumni SMK tersebut. “Dengan berdirinya hotel ini dapat membantu meningkatkan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Kami harapkan Pemkab dapat membantu pengembangan hotel ini seperti menambahkan jumlah kamarnya,” pesan Mendikbud.

Kemudian pada kegiatan yang sama, Mendikbud meneruskan untuk mengunjungi SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, Banyuwangi. SMK ini memiliki keunggulan keterampilan otomotif. “Pengembangan dan penguatan pendidikan vokasi sangat penting dilakukan, karena masa depan Indonesia ada di tangan-tangan orang yang terampil. Menjadi keunggulan bangsa kita yakni pariwisata, kemaritiman, pertanian, dan industri kreatif. Mari bersama-sama kita perkuat keunggulan yang kita miliki,” ajak Mendikbud.

Muhadjir secara khusus berharap Kabupaten Banyuwangi mampu menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal penguatan dan pengembangan pendidikan vokasi ini.. “Lulusan ini nanti akan menyongsong bonus demografi dengan menghasilkan anak-anak kita yang mampu bersaing secara nasional dan internasional,” tutup Muhadjir.

Posting Komentar untuk "Mendikbud Himbau Pemda Galakkan Pendidikan Vokasi"