Pengertian NUPTK atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

| 20 Maret 2017

NUPTK merupakan istilah yang sangat sering dipakai dalam dunia keguruan dan pendidikan. Istilah ini, seperti istilah dalam profesi yang lain, seringkali menimbulkan pertanyaan akan pengertiannya. Sebagai contoh, istilah unik yang sering dipakai dalam dunia dosen adalah "JAFA".  Bagi yang belum mengetahui istilah tersebut mungkin akan bertanya-tanya apa artinya. Bagi Anda yang penasaran akan pengertian NUPTK, berikut adalah penjelasan singkatnya.




NUPTK adalah singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Ia merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK).

NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan.

Demikian tulisan singkat menngenai pengertian NUPTK. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda.


InformasiGuru.Com Updated at: 10.31

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.