Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK | pdf

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa/Peserta Didik SMK | pdf

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa/Peserta Didik SMK | pdf





Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan menengah berbasis kejuruan yang berperan menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, kompeten dan mandiri. Pendidikan SMK bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja. Pendidikan SMK juga memiliki tujuan untuk mengembangkan peserta didik agar mempunyai kemampuan dan kompetensi profesional.

Tes bakat dan minat perlu dilakukan untuk dapat mengetahui suatu keterampilan dari peserta didik. Selain itu perlu juga dilakukan pendampingan dan pengembangan kemampuan sesuai bakat peserta didik yang ada pada diri individu. Keterampilan peserta didik SMK perlu dikembangkan untuk dapat bersaing setelah peserta didik tersebut lulus sekolah untuk kemudian dapat bersaing di dunia kerja, serta bisa mengoptimalkan bakat yang ada dalam diri individu. Tes bakat dan minat ini dapat memetakan peserta didik dalam pemilihan bakat dan minat yang sesuai dengan kompetensi dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tes bakat dan minat yang dilakukan, guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Guru juga dapat lebih mudah untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik.

Tes ini dirancang untuk memberikan informasi mengenai jenis bakat dan minat yang relevan dengan keterampilan dan karir peserta didik di sekolah. Tes ini akan memungkinkan Individu untuk mengungkap potensi sebenarnya untuk kemudian peserta didik dapat meningkatkan kelebihan dan mengatasi kelemahan yang ada pada diri peserta didik yang bersangkutan, sehingga Individu dapat:
1) Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kelebihan/kekuatan Individu dan menemukan cara yang tepat untuk mengembangkan kekuatan tersebut secara optimal.
2) Mengetahui dan memahami apa yang menjadi kekurangan/kelemahan Individu agar dapat mengatasi dan mengkompensasi kelemahan tersebut.

Secara umum tes psikologi dibagi ke dalam beberapa jenis tes, yaitu: Tes Inteligensi, Tes Kepribadian, dan Tes kinerja. Dalam hal ini tes bakat dan minat merupakan bagian dari tes inteligensi. Tes bakat dan minat ini dibagi menjadi 2 alat tes, yaitu alat tes inventori minat dan alat tes bakat. Alat tes inventori minat ini berfungsi untuk mengetahui minat siswa terhadap suatu bidang keahlian yang dimiliki oleh lempendidikan kejuruan (SMK) di indonesia, sedangkan tes bakat ini untuk mengetahui bakat yang ada dalam diri peserta didik SMK. Persamaan tes bakat dan minat ini dengan tes inteligensi atau IQ adalah keduanya sama-sama untuk melakukan pengukuran pada kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan spasial, dan kemampuan berpikir abstraksi. Namun tes bakat dan minat yang disusun oleh Direktorat Pembinaan SMK ini tidak untuk mengukur inteligensi atau IQ peserta didik. Tes bakat dan minat yang disusun ini difokuskan untuk mengungkap dan mengetahui bakat serta minat peserta didik dalam bidang keahlian yang ada di SMK.

Dalam pengerjaannya, tes bakat ini dibatasi oleh waktu dan memiliki jawaban “benar dan salah”. Sedangkan untuk tes minat tidak dibatasi waktu. Hal ini untuk menentukan apakah ada bukti bahwa Individu memiliki potensi dalam tes yang diberikan, pelaksanaan tes ini perlu dilakukan sesuai dengan petunjuk yang disediakan. Tujuan dari tes ini secara khusus adalah untuk membuat Individu mampu menentukan pemecahan masalah yang bersifat sederhana sampai dengan pemecahan masalah yang sifatnya yang lebih sulit. Hal ini kemudian mengarah pada pertimbangan apakah hasil tes yang telah dilakukan dapat membantu memberikan saran dan pertimbangan untuk Individu dalam menemukan suatu bidang studi atau karir tertentu lebih mudah dilakukan daripada yang lain. Individu tidak diwajibkan untuk melakukan apa yang paling mudah, karena bukti dari hasil tes dalam melihat preferensi karir menunjukkan bahwa Individu termotivasi untuk mencapai sesuatu yang ditemukan relatif lebih sulit. Meskipun pada akhirnya individu yang memutuskan apa yang membuat Individu merasa sukses dengan pilihannya.

Tes bakat dan minat disusun dalam beberapa tahap persoalan (subtes) yang akan dijelaskan berikutnya di dalam matriks (profil) bakat dan minat yang menunjukkan domain individu yang kuat dan lemah dengan jelas. Hal ini berguna ketika akan diterapkan untuk pendidikan dan pekerjaan, karena sebagian besar pekerjaan membutuhkan kemampuan yang berbeda dalam ukuran domain yang berbeda.

Tes bakat ini dimulai dari soal dengan tingkat kesukaran soal yang lebih mudah ke tingkat yang lebih sulit. Setiap tahap persoalan (subtes) memiliki waktu masing-masing yang telah ditentukan, dan waktu masing-masing tahap persoalan tersebut berbeda-beda. Setiap siswa diharapkan untuk dapat mengerjakan seluruh persoalan dengan serius dan sungguh-sungguh, agar profil yang dihasilkan dari tes tersebut dapat memberikan informasi yang akurat dan berguna mengenai bakat dan minat Individu.

Setelah hasil tes diperoleh, kemudian hasil tes tersebut dijadikan acuan dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik/siswa SMK, peserta didik dapat mengembangkan bakat yang dimiliki di dalam diri yang mungkin belum disadari oleh peserta didik itu sendiri. Tes bakat dan minat merupakan salah satu pilihan solusi yang tepat untuk dapat mengetahui aspek bakat dan minat peserta didik untuk kemudian dapat dilakukan pengembangan yang lebih baik bagi peserta didik di SMK.

Berikut adalah tautan Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa/Peserta Didik SMK | pdf:


Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK | pdf

Demikian tulisan tentang:

Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa/Peserta Didik SMK | pdf

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Sumber: Ditpembinaan SMK Kemdikbud RI

Posting Komentar untuk "Download Buku Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK | pdf"