Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Sukses Capai Level Empat dengan 56 Spektrum Keahlian Guru

Indonesia Sukses Capai Level Empat / 4 dengan 56 Spektrum Kompetensi Keahlian Guru

Indonesia Capai Tingkat Empat dengan 56 Spektrum Kompetensi Keahlian






Anas. M. Adam selaku Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendikbud) menginformasikan fakta bahwa Indonesia telah sukses mencapai level empat dengan 56 spektrum kompetensi keahlian.
"Mereka (para siswa dan guru) dinilai oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menentukan standar kompetensinya," jelas Anas setelah acara penandatanganan skema sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) antara Kemendikbud dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (22/8/ 2017). 
"Para guru sebagai asesor kompetensi dilatih oleh BNSP, sehingga mereka bisa diakui sebagai asesor," paparnya. 
Terdapat sejumlah 142 spektrum yang secara berkala wajib dicapai oleh lembaga pendidikan. Anas turut menjelaskan bahwa ada sembilan jenjang keahlian yang telah disepakati secara internasional. 
"Para guru mengikuti pelatihan berjenjang, ada jenjang keahlian 1, jenjang keahlian 2, sampai Jenjang keahlian 9 yang tertinggi," terangnya. 
Menurut Anas, kondisi Indonesia sekarang ini masih dan sedang bergerak guna memenuhi kuantitas, untuk lantas kemudian mencapai kualitas. Sekarang baru mulai memberi pelatihan kepada guru, kemudian diberi sertifikat kompetensinya. Pada tahun ini diharapkan dapat diperoleh jumlah guru yang sesuai kriteria kompetensinya.
"Kami harapkan 219 sekolah yang menjadi sasaran tahun ini bisa selesai. Karena pada tanggal 6 September 2017 merupakan setahun keluarnya Instruksi Presiden (Inpres) nomor 9/2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia, khususnya terkait dengan upaya meningkatkan kualitas guru produktif di SMK," tutupnya.

*Sumber: Kemendikbud

Posting Komentar untuk "Indonesia Sukses Capai Level Empat dengan 56 Spektrum Keahlian Guru"