Tugas Pokok Pengawas Sekolah Dalam Validasi Atau Verifikasi Instrumen PMP

| 14 Agustus 2017

TUGAS POKOK PENGAWAS SEKOLAH DALAM VALIDASI dan VERIFIKASI INSTRUMEN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (PMP)

TUGAS PENGAWAS SEKOLAH DALAM VALIDASI INSTRUMEN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (PMP)






Sebelum kita menginjak pada bahasan tentang tugas pengawas sekolah dalam validasi atau verifikasi instrumen PMP tersebut, ada baiknya kita flashback sebentar untuk sekedar merefresh ingatan kita tentang definisi dari PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan).

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah adalah suatu kesatuan unsur yang terdiri atas organisasi, kebijakan, dan proses terpadu yang mengatur segala kegiatan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Dasar dan Menengah secara sistematis, terencana dan berkelanjutan

Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah bertujuan menjamin pemenuhan standar pada satuan pendidikan dasar dan menengah secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pada satuan pendidikan secara mandiri.

Atau dengan kata lain, tujuan PMP adalah untuk mengumpulkan data mutu pendidikan sesuai dengan SNP di seluruh sekolah di Indonesia. Indikator Keberhasilan PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) tahun 2017 adalah tersedianya data mutu pendidikan di sekolah yang akurat dan berbasis pada fakta dan dokumentasi data mutu di sekolah untuk tahun 2017.

Setelah memahami tentang definisi PMP serta mengetahui tujuan dari PMP tersebut, di bawah ini kita simak bersama tentang apa saja tugas yang diemban oleh pengawas sekolah.

Tugas Pengawas Dalam Verifikasi / Validasi Instrumen PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) diantaranya:
  1. Menjelaskan instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada satuan pendidikan
  2. Memandu proses pengisian data ke aplikasi pengumpulan data sehingga akuntabilitas pengumpulan dan kredibilitas data sesuai dengan kondisi yang sebenarnya terjadi di sekolah terjamin.
  3. Memastikan bahwa setiap responden yang mengisi merupakan warga sekolah tersebut.
  4. Mengecek kelengkapan isian seluruh pertanyaan masing-masing responden, jumlah responden serta jenis responden.
  5. Melakukan validitas terhadap hasil pengisian sekolah dengan cara mengisi instrumen pengawas yang dilandaskan pada proses evaluasi dokumen sekolah, observasi atau supervisi terhadap proses belajar dan pengelolaan sekolah.
  6. Karena seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah, maka pengawas sekolah berperan dalam memastikan ketersediaan dan keabsahan bukti fisik dan non-fisik tersebut.
  7. Memastikan pengiriman data tuntas.
Untuk Anda yang sedang mencari tautan download Buku Pedoman dan Panduan Kerja Pengawas Sekolah Terbaru Tahun 2017, dipersilahkan untuk mendownloadnya di bawah ini:



Terima kasih telah berkunjung di laman kami dan kami ucapkan salam sukses selalu untuk Anda!


InformasiGuru.Com Updated at: 06.05

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi