Download Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus 2017

| 16 Agustus 2017

Download Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus

Download Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus





Peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan terus dikembangkan melalui berbagai kegiatan baik akademik maupun non akademik berupa kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler maupun non kurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yaitu pengembangan diri peserta didik, yang dapat menjadi sarana ekspresi diri dan pencapaian kompetensi. Untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di bidang seni dan budaya, perlu ruang untuk mengapresiasi penumbuhkembangan bakat dan minat peserta didik dalam bidang tersebut. Oleh sebab itu dipandang perlu diselengarakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017 yang dibuka bagi peserta didik dari seluruh provinsi di Indonesia, baik dari SMK bidang keahlian seni maupun non seni, yang dapat menjadi ajang ekspresi sekaligus unjuk kompetensi dalam bidang seni.
Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi program dan kegiatan penyelenggaraan FLS2N sekaligus sebagai acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N ini. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan FLS2N tahun 2017.
Kepada para peserta, kami ucapkan selamat menampilkan prestasi terbaik untuk menunjukan bakat dan kompetensi di bidang seni dan budaya, olah rasa serta serta karakter yang kuat, tangguh, dan produktif.

Lulusan SMK diharapkan dapat menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif dan mampu menjawab tantangan dunia kerja yang penuh persaingan.
Kualifikasi calon tenaga kerja yang dibutuhkan dunia kerja selain cakap dalam bidang keilmuan dan keterampilan (hard skills) juga keunggulan dalam karakter yang lebih dikenal dengan soft skills. Dunia kerja cenderung memiliki calon tenaga kerja yang memiliki soft skills lebih baik meskipun hard skills nya lebih rendah. Penguasaan dalam bidang seni dan budaya mengasah soft skills siswa, untuk itu Festival dan Lomba Seni bagi siswa SMK dinilai perlu secara konsisten dilakukan guru mengukur ketercapaian kompetensi si bidang seni dan budaya.
SMK program keahlian seni pertunjukan merupakan sekolah yang salah satu tujuannya adalah untuk melestarikan warisan seni dan budaya luhur bangsa Indonesia serta untuk menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi dan prestasi di bidang seni dan budaya. Program Keahlian yang dibuka pada SMK antara lain seni musik dan seni tari. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan SMK non seni pertunjukan juga menyelenggarakan pembelajaran seni budaya baik melalui intra maupun ekstrakurikuler.
Dengan dibukanya Program Keahlian dimaksud bertujuan agar peserta didik dapat difasilitasi sesuai bakat dan minatnya dalam rangka pembangunan karakter, sehingga mampu menjadi anggota masyarakat yang demokratis, memiliki budi pekerti yang luhur dengan tetap memperhatikan norma-norma sosial di masyarakat.
Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi.
Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur, penggiat seni dan budaya, serta praktisi pendidikan, dan kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Tahun 2017.
Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni.

Berikut adalah tautan Download Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus: 


Download Buku Pedoman FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus 2017

BACA JUGA:

Download Buku Pedoman O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMK Tahun 2017 Revisi 2.0

Demikian tulisan tentang:

Download Buku Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional FLS2N SMK Tahun 2017 Revisi Terbaru Agustus

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 09.29

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi