Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan

| 29 Agustus 2017

Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan

Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan






Kisi-kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 telah diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) .

Kisi-kisi ujian nasional ini diharapkan menjadi semacam pedoman belajar bagi para peserta didik. Pedoman yang dimaksud adalah sebagai alat pemetaan materi yang seharusnya dipelajari.

Pemetaan semacam ini diharapkan dapat membuat proses belajar dalam mempersiapkan ujian nasional SMA/MA ini menjadi efisien dan efektif.

Efisien dalam pengertian menghemat waktu belajar. Penghematan ini menjadi masuk akal manakala peserta didik dapat mengalokasikan waktu hanya untuk materi yang kiranya akan diujikan. Efektif dalam pengertian bahwa peserta didik dapat meningkatkan skor hasil ujian nasionalnya karena telah belajar dengan mempelajari materi yang tepat.

Berikut adalah Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan pdf: 



Berikut adalah kutipan Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan tersebut:


Level Kognitif Lingkup Materi
Makna dan Teknik Tafsir Sejarah Tafsir Qira’at Asbabun Nuzul dan Munasabah Tafsir pada Beberapa Ayat
Pengetahuan dan Pemahaman Mengidentifikasi Menyebutkan Menunjukkan Menjelaskan Mengkategorikan Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertian tafsir, pengertian dan ciri tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Metode penafsiran Al-Qur’an: tahlili, maudhu’i, ijmali.- Kaidah-kaidah dalam menafsirkan Al- Qur’an. Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang sejarah tafsir periode Nabi Muhammad SAW, periode sahabat, periode tabi’in, dan periode tadwin. Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Latar belakang munculnya qira’at.- Macam-macamqira’at.- Faedah beraneka- ragamnya qira’at. Peserta didik dapatmemahami dan menguasai tentang:- Pengertianasbabun nuzul.- Pengertian dan macam-macam munasabah. Peserta didik dapat memahamidan menguasai tafsir pada beberapa ayat Al-Qur’an tentang:- Makanan yang halal, sehat dan bergizi, serta bahaya minuman keras.- Pendayagunaan akal pikiran, pentingnya potensi akal, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.- Tata cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, etika pergaulan dan ta’aruf dalam kehidupan.- Hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa, ujian dan cobaan.- Kebesaran dan kekuasaanAllah, syukur nikmat.- Kewajiban berdakwah, etos kerja, ’amar ma’ruf nahi munkar.- Kepemimpinan, syarat- syarat, tugas dan tanggung jawab pemimpin, serta berlaku adil dan jujur.- Pembinaan pribadi, keluarga, serta masyarakat.
Aplikasi Memberi contoh Menentukan Menerapkan Menghubungkan Membedakan Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Contoh tafsir.- Contoh tafsir bilma’tsur dan tafsir birra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Qira’at Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:- Contoh asbabun nuzul.- Contohmunasabah. Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang tafsir pada beberapa ayat Al-Qur’an tentang:- Makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras.- Pendayagunaan akal pikiran, pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.- Tata cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, etika pergaulan dan ta’aruf dalam kehidupan.- Hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa, menghadapi ujian dan cobaan.- Pengakuan tentang kebesaran dan kekuasaan Allah, syukur nikmat.- Melaksanakan kewajiban berdakwah, etos kerja, ’amar ma’ruf nahi munkar.- Kepemimpinan, syarat- syarat, tugas dan tanggung jawab pemimpin, dan berlaku adil dan jujur.
- Pembinaan pribadi, keluarga, serta masyarakat.
Penalaran Menganalisis Menyimpulkan Menjelaskan hubungan konseptual denganinformasi faktual Menyelesaikan masalah Mengartikan/menerjemahkan Peserta didik dapatmenggunakan nalar tentang:- Tafsir bil ma’tsur dan tafsir bir ra’yi.- Kaidah-kaidah tafsir Al-Qur’an; jama’, mufrad, mudzakkar, muannats, nakirah, ma’rifat, dhamir, sual wal jawab.- Metode penafsiran Al-Qur’an; tahlili, ijmali, maudhu’i. Peserta didik dapatmenggunakan nalar dan menghubungkan tafsir ayat Al- Qur’an dengan perilaku dalam kehidupan sehari-hari pada beberapa ayat Al-Qur’an tentang:- Makanan yang halal, sehat dan bergizi, serta bahaya minuman keras.- Pendayagunaan akal pikiran, pentingnya potensi akal, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.- Tata cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, etika pergaulan dan ta’aruf dalam kehidupan.- Hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa, ujian dan cobaan.- Kebesaran dan kekuasaanAllah, syukur nikmat.- Kewajiban berdakwah, etos kerja, ’amar ma’ruf nahi munkar.- Kepemimpinan, syarat- syarat, tugas dan tanggung
jawab pemimpin, dan berlakuadil dan jujur.- Pembinaan pribadi, keluarga, serta masyarakat.

Demikian tulisan tentang:

Download Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) MA Tahun 2017/2018 Mapel Tafsir Jurusan Keagamaan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!!


InformasiGuru.Com Updated at: 15.27

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi