Download Contoh Laporan PTK Fisika untuk SMK-pdf

| 20 September 2017

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk SMK-pdf

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk SMK-pdf






Penelitian tindakan kelas atau yang lazim disingkat PTK merupakan kegiatan yang dilakukan para guru dalam rerangka ilmiah untuk melakukan investigasi, terutama terhadap permasalahan belajar dan pembelajaran di dalam kelas. PTK dengan demikian berusaha  untuk memecahkan problematika yang dihadapi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

PTK dengan demikian merupakan kegiatan yang membutuhkan fokus dan keterlibatan yang intense bagi para guru dalam mengerjakan setiap detail langkah-langkahnya.

Penelitian tindakan kelas merupakan hal yang seringkali dikeluhkan seorang guru. Keluhan biasanya datang dari berbagai hal. Keenggganan karena proses yang menyita waktu biasanya menjadi faktor utama. Hal yang lain adalah karena keengganan untuk belajar materi lagi.

Namun demikian, guru memang sudah selayaknya untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dalam rangka memperbaiki mutu pembelajaran yang berdampak pada banyak hal, terutama peningkatan kualitas peserta didik.

Tekad yang kuat serta fokus dan konsentrasi sangat dibutuhkan dalam mengerjakan penelitian, termasuk penelitian tindakan kelas. Hal ini memang kadang menjadi tidak mudah bagi para guru SMK yang sudah sangat padat kegiatannya, mulai dari kegiatan akademik, administratif, dan pekerjaan lainnya. Hal lain adalah inspirasi judul. Tulisan kali ini, meskipun hanya memberikan satu judul PTK Fisika SMK saja, diharapkan dapat memberi inspirasi berupa ide atau gagasan bagi rekan guru dalam mengerjakan PTK.

Penelitian tindakan kelas (PTK) bidang studi Fisika untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) pada tulisan kali ini memang tidak banyak. Hanya satu judul saja. Namun demikian, diharapkan bahwa contoh PTK Fisika untuk SMK pada tulisan ini mampu memberi inspirasi kepada rekan-rekan guru Mapel Fisika di SMK untuk melakukan penelitian.

Berikut adalah tautan Download Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk SMK-pdf:



Berikut adalah kutipan abstraknya:


Mekanika merupakan dasar fisika, selain itu siswa SMK dituntut memiliki konsep dan keterampilan proses yang nantinya digunakan dalam kehidupan nyata. Terkait hal ini perlu dilakukan pengukuran terkait konsepsi dan keterampilan proses siswa SMK mengenai konsep mekanika salah satunya pada materi gaya gesek. Pengukuran tersebut membutuhkan perangkat yang relevan sehingga hasil pengukurannya dapat mencerminkan konsepsi dan keterampilan proses siswa SMK mengenai gaya gesek. Bidang miring merupakan salah satu perangkat yang relevan untuk mengukur pemahaman siswa mengenai gaya gesek sekaligus dapat digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK BTB Juwana kabupaten Pati dengan sampel siswa kelas gambar bangunan angkatan 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan penjelasan fisika mengenai fenomena gerak balok pada bidang miring yang meliputi: (1) besar gaya gesek ketika balok diam dan tepat akan bergerak, (2) variabel yang berpengaruh terkait fenomena tersebut. Terdapat beberapa konsepsi alternatif mengenai fenomena gerak tersebut yang muncul pada siswa (53,52%) yang menunjukkan pemahaman mengenai gaya gesek yang kurang baik. Konsepsi alternatif tersebut muncul akibat adanya beberapa faktor yang dapat dikategorikan sebagai sumber pengkonstruksian pengetahuan dan kemampuan problem solving. Faktor-faktor yang terkait dengan sumber pengetahuan meliputi intuisi kehidupan sehari-hari, kerangka teori spesifik, apresiasi konseptual, pengetahuan sebagai serpihan yang terpisah-pisah, dan buku teks. Diperoleh pula distribusi keterampilan proses yakni pada keterampilan menyimpulkan (rendah). Upaya yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya konsepsi alternatif pada pembelajaran mekanika pada materi yang lain. Upaya tersebut diantaranya melalui diskusi kelompok, pembelajaran kontekstual, tes uraian beralasan, dan buku referensi yang bermacam-macam. Untuk keterampilan proses yang rendah dapat dikembangkan dengan cara menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan proses sains siswa (inkuiri) .

Demikian tulisan tentang

Download Contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk SMK-pdf .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 16.06

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!