Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf







Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu.

Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kreativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Penulisan Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 tercipta melalui proses yang cukup panjang. Berbagai pihak telah memberikan banyak dukungan berupa saran, masukan, koreksi, dorongan, dan arahan. Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, penulis mengharapkan para pembaca dapat memberikan kritik, saran, dan masukan yang membangun untuk menyempurnakan Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Atas kontribusi yang diberikan, penulis ucapkan terima kasih.

Berikut adalah tautan Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf. Buku siswa SD/MI Kelas 2 (II) ini terbagi menjadi empat tema, yaitu Tema 1, 2, 3, dan 4. 


Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 1

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 2

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 3

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 4

Berikut kami kutipkan sebagian isi dari buku siswa SD/MI kelas 2 tersebut:

Tentang Buku Siswa Kelas 2 (II) SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II

1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.

3. Buku siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.

4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

5. Pada semester 1 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 4 subtema.
Tiap subtema diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Mengamati, Ayo Bermain Peran, Ayo Berlatih, Ayo Bercerita, Ayo Berkreasi, Ayo Menulis, Ayo Membaca, Ayo Bernyanyi, Ayo Beraktivitas, Ayo Berdiskusi, Ayo Menanya, dan Kegiatan Bersama Orang Tua.

7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan orang tua bersama siswa. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat aktif dalam aktivitas belajar siswa.

9. Kecuali sangat sedikit teks pelajaran membaca yang merupakan konsumsi siswa, wacana-wacana yang ada di buku siswa diperuntukkan bagi guru, bukan siswa. Meskipun demikian, mengingat siswa akan terpapar dengan teks-teks itu, khusus untuk buku kelas II penggunaan tanda baca hanya pada yang bersifat dasar dan seperlunya saja, seperti penggunaan huruf kapital di awal kalimat, penulisan nama dan penggunaan tanda titik (.), tanda koma (,), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?). Namun, harus dipastikan bahwa tanda-tanda baca tersebut belum diajarkan kepada siswa .

10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

11. Lembar penilaian merupakan bagian akhir subtema yang dapat digunakan sebagai alat penilaian pencapaian kompetensi. Namun, guru dapat mengembangkan alat penilaian sendiri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.


Daftar Isi Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017

Kata Pengantar ...................................................... iii Tentang Buku Siswa Kelas 2 (II) SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 .............................................. iv Daftar Isi.................................................................. vi


Subtema 1:
Hidup Rukun di Rumah.......................................... 2


Subtema 2:
Hidup Rukun dengan Teman Bermain ................. 49


Subtema 3:
Hidup Rukun di Sekolah ........................................ 97

Subtema 4:
Hidup Rukun di Masyarakat .................................. 140

Daftar Pustaka........................................................ 181

Demikian tulisan tentang

Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 pdf .

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Download Buku Siswa SD/MI Kelas II (2) Kurikulum 2013 Revisi 2017"