Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 5 SD/ MI K-13

Download Contoh Soal Penilaian Tengah Semester/ Ulangan Tengah Semester Semester 2 (Dua) Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas 5/ IV SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru File Pdf

Download Contoh Soal Penilaian Tengah Semester/ UTS Semester 2 (Dua) Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017






Masih dengan semangat berbagi pengetahuan, kami hadir kembali dengan tulisan yang berjudul Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 5 SD/ MI K-13. Tujuan mendasar yang ingin kami raih adalah menjadi situs pendidikan online yang bermanfaat bagi sesama. Mengingat jadwal PTS/ UTS semester 2 yang kian mendekat, tak salah jika sedari sekarang adik-adik harus semakin mengasah ilmu yang telah dijarkan oleh guru selama di sekolah. Materi kurikulum 2013 dengan pendekatan berbasis tematik memang belum terlalu familiar apalagi bagi sekolah yang baru saja menerapkannya.

Tentunya proses belajar mengajar tidak hanya menjadi tanggungjawab pihak sekolah/ guru saja tetapi orangtua juga harus turut proaktif melibatkan diri dalam proses pendidikan anak. Orangtua wajib menjadi teman sekaligus guru selama anak berada di rumah. Membantu anak dalam belajar dan ikut terlibat secara positif akan semakin membuat sang anak bergairah untuk belajar di rumah.

Karena jadwal PTS/ UTS II yang sebentar lagi menjelang, ada baiknya Anda sebagai orangtua berpartisipasi dalam proses ulangan tersebut, salah satu caranya adalah mencarikan contoh soal PTS/ UTS semester 2 sesuai dengan jenjang kelas dan tema yang bisa dipergunakan anak untuk menambah amunisi belajarnya. Agar bisa mendapatkan hasil belajar yang baik maka persiapan matang mutlak dilakukan dengan cara yang sederhana, Belajar!

Berikut adalah link download Soal Siap PTS/ UTS Semester 2 Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru File Pdf:




Selanjutnya kami petikkan sebagian contoh Soal Siap PTS/ UTS Semester 2 Tema 7: Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas 5/ V SD/ MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru File Pdf:

SOAL PTS/ UTS SEMESTER 2 KELAS 5 TEMA 7: Peristiwa dalam Kehidupan KURIKULUM 2013 Revisi 2017

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
6.Peristiwa penjajahan yang terjadi pada negara kita sangat berhubungan dengan hasil bumi yakni rempah-rempah. Jelaskan mengapa seperti itu!
8. Salah satu peristiwa tidak menyenangkan yang dialami oleh bangsa Indonesia adalah ....
12. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
13. Coba jelaskan tentang kondisi rakyat Indonesia yang mengalami penjajahan oleh bangsa Eropa!
17. Sebutkan tujuan berdirinya VOC di Indonesia.
21. Pada masa penjajahan, atas kepemimpinan siapa Belanda memperkenalkan sistem tanam paksa?
22.Sistem tanam paksa dimulai sejak tahun ....
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi
Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut:
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan pemuda. Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat hening. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dipersilakan maju beberapa langkah dari tempatnya semula. Ir. Soekarno mendekati mikrofon. Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik.
Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Suhud mengambil bendera dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan Shodanco Latief Hendraningrat. Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.
Soal nomer 26 – 31 berdasarkan teks di atas!
26.Judul teks di atas adalah …
27. Siapakah yang membuat dan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan?
28. Di mana teks Proklamasi dibacakan?
29. Siapa sajakah tokoh yang hadir pada acara pembacaan teks Proklamasi?
30.Siapa tokoh yang mengetik naskah proklamasi?
31.Siapa nama tokoh yang menjahit bendera Sang Merah Putih?
32.Lagu “Hari Merdeka” diciptakan oleh …
34. Kapan dan di manakah Soekarno dilahirkan?
35.Julukan apa yang diberikan kepada Soekarno? Mengapa dijuluki seperti itu?
42. Apa yang terjadi di Hotel Yamato Surabaya pada tanggal 19 September 1945?
43. Peristiwa apa yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Muda di Semarang?
45. Sebutkan tugas dari PPKI?
46. Hasil Sidang PPKI pertama adalah ....
47. Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil Sidang PPKI pertama!
53. Apa yang dimaksud perjuangan fisik dan diplomasi? Sebutkan contohnya masing-masing ….
54.Kalian pasti pernah mendengar istilah KMB (Konferensi Meja Bundar) dalam peristiwa yang dialami oleh bangsa Indoenesia kan? Di mana dan kapan KMB itu berlangsung?
55.Sebutkan beberapa hasil dari KMB tersebut!

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan sampai di sini tulisan kami yang berjudul:

Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 5 SD/ MI K-13

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

Posting Komentar untuk "Soal Siap PTS/ UTS II Tema 7 Kelas 5 SD/ MI K-13"