Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017

Download Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017







Buku guru dan siswa ini merupakan petunjuk kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku siswa untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membantu Guru dalam proses membelajarkan Matematika.

Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.

Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskan pembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil pembandingan antara yang kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaaan ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013.

Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar internasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VIII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi keterampilan berfikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.

Setiap awal bab pada Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi bab yang bersangkutan. Selain itu, di awal bab juga disajikan Kompetensi dasar, indikator dan Pengalaman Belajar yang akan kalian capai dalam setiap bab. Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya sebelum kalian mempelajari isi materi.

Pada buku guru dan siswa ini terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada petunjuk Umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran matematik, petunjuk membelajarkan kegiatan saintifik, dan pedoman penilai. Sedankan Pada petunjuk khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mngkomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester.

Buku guru dan siswa ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku guru dan siswa ini . Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku guru dan siswa ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan kedua. Buku guru dan siswa ini masih sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah- mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Setelah mempelajari materi pada Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini, siswa diharapkan memahami materi yang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan pada Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini disampaikan secara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini juga memiliki tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan. Akhir kata penulis ucapkan, semoga Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini bermanfaat dan dapat digunakan untuk pendamping belajar sebaik-baiknya. Saran dan kritik membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan penulisan buku lebih lanjut.

Berikut adalah tautan download Buku Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017:




Berikut adalah sebagian kutipan dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017 tersebut:

Pembelajaran Matematika Kelas VIII

1. Petunjuk Penggunaan Buku

Untuk menyiapkan sebuah buku yang digunakan dalam proses pembelajaran, maka buah pikiran pengarang harus diturunkan dari Kompetensi Dasar yang tertuang dalam kurikulum sehingga buku akan memberi makna kepada siswa yang mempelajarinya. Buku Siswa Matematika kelas VIII kurikulum 2013 tidak han\a memuat definisi, rumus, atau soal saja, tetapi juga berisi aktiYitas \ang memandu siswa untuk membangun pengetahuannya. Pada Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017 ini disajikan masalah-masalah yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi (high order thinking). Beberapa dari masalah tersebut sudah diberikan beserta prosedur penyelesaiannya, beberapa disajikan petunjuk untuk memecahkannya saja yang diharapkan akan dipecahkan oleh siswa. Pada setiap bab disajikan minimal satu tugas projek yang menuntut siswa bekerja dalam kelompok dalam waktu yang relatif tidak sebentar untuk menyelesaikannya.

Konsep umum pada setiap bab terdiri atas (1) Pengantar Bab, (2) Peta Konsep, (3) Tokoh matematika, (4) Isi materi, (5) Tugas Projek dan (6) Merangkum.

a. Pengantar Bab terdiri atas kata kunci, Kompetensi Dasar, deskripsi materi, dan pengalaman belajar yang diharapkan akan didapatkan siswa setelah pembelajaran.

4. Struktur KI dan KD Matematika Kelas VIII

Pengelompokan materi Matematika SMP kelas VIII terdiri atas Empat Kompetensi Inti (KI) yang kemudian dijabarkan menjadi 22 Kompetensi Dasar (KD) itu merupakan bahan kajian yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam dua semester yang terurai dalam 32 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 32 minggu itu dibagi menjadi dua semester, semester pertama dan semester kedua. Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 5 × 40 menit × 32 minggu/tahun atau 5 × 40 menit × 16 minggu/semestar.
Untuk efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran pihak pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku teks pelajaran untuk mata pelajaran Matematika kelas VIII. Berdasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan penjabaran KI ke-3, buku teks pelajaran
Matematika Kelas VIII disusun menjadi sepuluh bab, yaitu:

1. Bab I : Pola Bilangan
2. Bab II : Koordinat Kartesiusn
3. Bab III : Relasi dan Fungsi
4. Bab IV : Persamaan Garis Lurus
5. Bab V : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
6. Bab VI : Teorema Pythagoras
7. Bab VII: Lingkaran
8. Bab VIII: Bangun Ruang Sisi Datar
9. Bab IX: Statistika
10. Bab X: Peluang

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru dan Siswa Matematika SMP/MTs Kelas 8/VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Buku Matematika SMP/MTs Kelas 8 K13 Revisi 2017"