Download Buku Siswa dan Guru Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 MI K13

| 12 Februari 2018

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013







Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 ini merupakan buku revisi 2016 yang merupakan edisi revisi termutakhir.

Buku ini diharapkan menjadi acuan bagi para guru dan peserta didik madrasah ibtidaiyah (MI) untuk mata pelajaran Akidah dan Akhlak untuk kelas 3 dan kelas 6.

Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013 mengalami perbaikan terus menerus (baik dalam hal tataletak. Buku Guru dan Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3 dan 6 ini adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab madrasah ibtidaiyah (MI).

Berikut adalah tautan Download Buku Siswa dan Guru Akidah Akhlak Hadis Kelas 3 dan 6 MI K13:







Berikut adalah sebagian kutipan dari Buku Siswa dan Guru Akidah Akhlak Hadis Kelas 3 dan 6 MI K13 tersebut:



Petunjuk Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Untuk mengoptimalkan pengunaan buku ini, pahamilah terlebih dahulu petunjuk berikut ini:
1. Pertama, bacalah bagian pendahuluan untuk memahami konsep utuh Akidah Akhlak, serta memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam kerangka kurikulum Nasional PAI dan Bahasa Arab 2013.
2. Setiap bab berisi: kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pokok, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, interaksi antara guru dan orang tua.
3. Ada pelajaran tertentu yang hanya memuat satu materi ajar. Hal ini disebabkan karena sempitnya materi pembelajaran.
4. Guru perlu mendorong peserta didik untuk memperhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut:
a. Amati gambar dan perhatikan: pengantar singkat berupa narasi yang menarik tentang tema yang dibahas dan dilengkapi dengan gambar- gambar
b. Penasaran: berisi pertanyaan-pertanyaan untuk masuk ke pembahasan materi
c. Buka Cakrawalamu: berisi materi pembahasan
d. Kembangkanlah Wawasanmu: berupa tugas kegiatan atau pertanyaan- pertanyaan untuk didiskusikan peserta didik
e. Refleksi: merupakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengingat kembali materi dan juga untuk mengembangkan materi untuk dikaitkan dengan kondisi lingkungan sekitar untuk saat ini
f. Ayo Berlatih: berisi latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
g. Rangkuman: berisi rangkuman penting dari materi yang telah diuraikan h. Mutiara Hikmah: berisi ajakan kepada peserta didik untuk merenungkan dan bertekad untuk melakukan dalam kehidupan sehari-hari Secara rinci dalam teknis pelaksanaan lebih lanjut dapat disesuaikan dengan situasi sekolah.

Berikut adalah Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III MI

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui kalimat tayyibah (Subhanallah, Masya Allah).1.2 Meyakini sifat-sifat Allah swt. melalui asmaul husna al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.1.3 Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah swt. dan tugas-tugasnya.1.4 Menerima nilai-nilai sikap rendah hati, santun,ikhlas, kasih sayang, dan taat.1.5 Menerima ketentuan patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.1.6 Menerima manfaat dan hikmah menghindari durhaka kepada orang tua.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, guru dan tetangganya. 2.1 Membisakan diri mengucapkan kalimah tayyibah(Subhanallah, Masya Allah).2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat- sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-‘Azim, al-Kabir, al-Karim dan al-Malik.2.3 Mencontoh para Malaikat dalam ketaatannya kepada Allah swt.2.4 Memiliki sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari- hari.2.5 Memiliki akhlakul karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari.2.6 Memiliki sikap menghindari durhaka kepada orang tua.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah. 3.1 Mengetahui kalimat tayyibah (Subhanallah, Masya Allah).3.2 Mengenal sifat-sifat Allah swt. yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir, al- Karim dan al-Malik).3.3 Menjelaskan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.3.4 Memahami sikap rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari- hari.3.5 Menjelaskan kisah Nabi Ismail A.s. sebagai bentuk sikap taat dan patuh terhadap orang tua.3.6 Menjelaskan sikap durhaka kepada orang tuamelalui kisah Kan’an.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak berimandan berakhlak mulia. 4.1 Melafalkan kalimat tayyibah (Subhanallah, Masya Allah) dan maknanya.4.2 Melafalkan al-Asma’ al-Husna (al-‘Azim, al-Kabir,al-Karim dan al-Malik) dan artinya.4.3 Menceritakan malaikat-malaikat Allah Swt. dan tugas-tugasnya.4.4 Menunjukkan contoh sikap sifat rendah hati, santun, ikhlas, kasih sayang, dan taat dalam kehidupan sehari-hari.4.5 Menyimulasikan akhlak karimah patuh dan taat terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail A.s.4.6 Menyimulasikan kisah Kan’an sebagai bentuk cara menghindari sikap durhaka kepada orang tua.
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 1.1 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui kalimattayyibah (Ta’awudz).1.2 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. Melalui asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.1.3 Meyakini adanya makhluk gaib selain malaikat(jin dan setan).1.4 Menerima sikap rukun dan tolong-menolong.1.5 Menyadari manfaat dan hikmah dari akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari hari.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, guru dan tetangganya. 2.1. Terbiasa membaca kalimat tayyibah misalnyaTa’awwudz2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat- sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam asmaul husna al-Batin, al-Wali, al-Mujib, dan al-Jabbar.2.3 Memiliki sikap positif terhadap adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).2.4 Memiliki sikap rukun dan tolong menolong.2.5 Memiliki akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah. 3.1 Mengetahui kalimat tayyibah misalnya Ta’awuz.3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. Yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husna (al-Batin, al-Wali, al- Mujib, dan al-Jabbar).3.3 Menjelaskan adanya makhluk gaib selain malaikat (jin dan setan).3.4 Memahami sikap rukun dan tolong-menolong.3.5 Memahami akhlakul karimah terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari.


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mapel Akidah Akhlak Kelas 6/VI MI

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 1.1. Meyakini keagungan sifat Allah Swt. melalui kalimat tayyibat seperti istigfar (Astagfirullahal Azim).1.2 Meyakini sifat-sifat Allah Swt. melaluiAsmaul Husna al-Qawwiy, al-Hakim, al-Musawwir dan al-Qadir.1.3 Meyakini adanya Qada dan Qadar AllahSwt.1.4. Menghayati sifat tanggung jawab,adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari1.5. Menunjukkan sikap penolakan yang konsisten terhadap sifat marah, fasik dan murtad
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya 2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah misalnya astagfirullahal azim dalam kehidupan sehari-hari.2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalamasmaul husna al-Qawwiy, al-Hakim, al- Musawwir dan al-Qadir.2.3. Membiasakan diri untuk berperilaku dengan meyakini qada dan Qadar Allah Swt.
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain 3.1 Mengetahui kalimat tayyibah misalnyaAstagfirullahal Azim).3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalam Asmaul Husna (al- Qawwiy, al-Hakim, al-Musawwir danal-Qadir).3.3 Memahami hikmah beriman kepadaQada dan Qadar Allah Swt.3.4 Memahami sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari- hari.3.5 Mengetahui akhlak tercela sifat marah, fasik, murtaddan upaya menghindarinya.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 4.1 Melafalkan kalimat tayyibah misalnyaAstagfirullahal Azim dan maknanya.4.2 Melafalkan Asmaul -Husna (al- Qawwiy, al-Hakim, al-Musawwir dan al-Qadir) dan artinya.4.3 Menyajikan contoh Qada dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari4.5 Menyajikan contoh sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari.4.6 Menyajikan contoh cara menghindari sifat marah, fasik, dan murtad.
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 1.1 Meyakini bahwa Allah Swt. Maha Pengampun melalui kalimat tayyibah misalnya istigfar1.2 Meyakini Allah Swt. sebagai al-Gafur, al-Afuwwu, as- Sabur dan al-Halim.1.3. Menghayati sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehar-hari sebagai implementasi dalam meneladani kisah Nabi Ayyub As dan kisah Nabi Adam As.1.4. menghayati akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air 2.1 Terbiasa membaca kalimat istigfar sesuai ketentuan syar’i2.2 Membiasakan diri berperilaku positif sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalamAsmaul Husna (al-Gafur, sl-Afuwwu, as- Sabur dan al-Halim)2.3. Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari2.4. Memiliki akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari
3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain 3.1 Mengetahui kalimat thayyibah misalnya istigfar.3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. yang terkandung dalam al-Asmaul Husna (al-Gafur, al-Afuwwu, as- Sabur dan al- Halim).3.3 Memahami sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi meneladani kisah Nabi Ayub As. dan Nabi Adam As.3.4 Memahami akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 4.1 Melafalkan kalimat thayyibah misalnya istigfar dan maknanya.4.2 Melafalkan Asmaul Husna (al-Gafur, al-Afuwwu, as- Sabur dan al-Halim) dan artinya.4.3 Menceritakan kisah Nabi Ayub As. dan Nabi Adam As. sebagai rujukan dalam meneladani sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari.4.4 Menyajikan contoh akhlak yang baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Akidah Akhlak Kelas 3/III dan 6/VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 14.24

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!