Download Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13

| 12 Februari 2018

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013







Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 merupakan referensi atau acuan terkini untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTS).

Kementerian Agama telah melakukan revisi atas kebutuhan terkini mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan harapan ia mampu menjadi pedoman yang senantiasa mutakhir sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Berikut adalah pernyataan dari Direktur Jenderal terhadap Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 tersebut:

Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 terus mengalami perbaikan baik dalam hal tataletak (layout) maupun content (isi) substansi. Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13 adalah edisi terakhir dari serangkaian proses penyediaan buku kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah (MI, MTs dan MA).

Berikut adalah tautan Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013:





Berikut adalah kutipan dari Buku Siswa dan Guru SKI Kelas 9/IX MTs K13 tersebut:



Tujuan Kelompok Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan atau peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad saw. dan Khulafaur Rasyidin, Umawiyah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.

Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a) Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b) Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

c) Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d) Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e) Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa- peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Ruang Lingkup Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) meliputi:

a) Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Makkah.
b) Memahami sejarah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
c) Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
d) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Umawiyah.
e) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Abbasiyah.
f) Perkembangan masyarakat Islam pada masa Ayyubiyah.
g) Memahami perkembangan Islam di Indonesia.

Berikut adalah kompetensi inti dan kompetensi dasar mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX MTs:

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1. Menghargai nilai-nilai perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam.1.2. Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Abdul Ra’uf as-Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam beramar ma’ruf nahi munkar.1.3. Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 1.1. Menghargai sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia.1.2. Menghargai keteladanan semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia.1.3. Menghargai keteladanan semangat perjuangan para penyebar agama Islam yang ikhlas dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran.1.4. Menghargai peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka ke arah anarkis (mengandung kekerasan).
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1. Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.3.2. Memahami bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke-7, ke-11 dan ke-13.3.3. Memahami faktor penyebab mudahnya perkembangan Islam di Nusantara.3.4. Memahami sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.3.5. Memahami para tokoh beserta perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Syaikh Abdur Ra’uf as-Singkili, Syaikh Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan).3.6. Memahami peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo, Syaikh Abdur Ra’uf as-Singkili, Syaikh Muhammad Arsyad al- Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan).3.7. Menerapkan semangat perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.3.8. Memahami semangat perjuangan Abdur Ra’uf as- Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. 4.1. Menceritakan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.4.2. Menceritakan perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.4.3. Menceritakan kisah perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.4.4. Menceritakan biografi Abdur Ra’uf as-Singkili, Muhammad Arsyad al-Banjari, KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.


KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. "1.1. Menghargai tradisi dan budaya Islam merupakan bagian dari hasil kebudayaan umat Islam di Indonesia.
1.2. Berkomitmen ikut melestarikan tradisi dan adat budaya yang Islami."
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. "2.1. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan di Nusantara.
2.2. Menghargai tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)."
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. "1.1 Memahami bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura).
1.2 Menerapkan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura)."
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. "1.1 Menunjukkan contoh bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura.
1.2 Mensimulasikan bentuk tradisi, adat dan seni budaya lokal di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, dan Madura."

Demikian tulisan tentang

Download Buku Guru dan Buku Siswa Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 9/IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 15.50

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!