Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) FL2N SD Tahun 2018

Download Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018

Download Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018







Dalam upaya meningkatkan pembinaan dan pengembangan seni di Indonesia, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional untuk peserta didik sekolah dasar, bidang lomba, yaitu Lomba Menulis Cerita Pendek, Lomba Baca Puisi, Lomba Cipta Pantun, Lomba Cipta Syair, dan Lomba Mendongeng.

Penyelenggaraan lomba tersebut merupakan sarana bagi peserta didik untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini, serta dapat menyalurkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki dibidang sastra. Diharapkan peserta didik akan termotivasi untuk menggemari sastra sejak dini dan dapat memunculkan sastrawan-sastrawan baru yang dapat mengharumkan daerah di tingkat nasional. Di samping itu, diharapkan juga dapat menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa dan negara Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional di masa depan, khususnya dalam bidang sastra.

Sejalan dengan hal di atas, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang sastra. Di samping itu untuk meningkatkan kesadaran peserta didik akan pentingnya menulis sebagai sarana dalam mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara estetis. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap bahasa dan sastra Indonesia sebagai sarana untuk membangun karakter, jati diri, dan kebanggaan nasional, serta memotivasi peserta didik untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini.

Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan dalam penyelenggaraan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018, dengan harapan kegiatan Lomba Literasi ini dapat berjalan secara efektif, akuntabel, dan aplikatif.

Berikut adalah tautan Download Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018:




Berikut adalah kutipan dari Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) FL2N SD Tahun 2018 tersebut:



BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018

Pembangunan pendidikan tidak hanya berorientasi pada penyiapan tenaga kerja, tetapi juga harus mampu menumbuhkan seluruh potensi kecerdasan manusia. Tujuannya agar seluruh potensi tersebut berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat, dan pembangunan nasional, termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Hal inilah yang menuntut bangsa ini agar segera berbenah diri, sekaligus menyusun langkah nyata demi menyongsong masa depan yang lebih baik. Langkah utama yang harus dipikirkan adalah menyiapkan sumber daya manusia, dalam hal ini peserta didik, agar berkarakter kuat, tahan UJI, serta memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing.

Upaya tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik memiliki kecakapan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, budi pekerti, kreativitas, pengetahuan, dan ketrampilan serta berpikir kritis harus diterapkan dalam setiap langkah pengembangan potensi peserta didik. Pengembangan potensi peserta didik, antara lain ditandai dengan makin meningkatnya kegiatan apresrasi seru dan tradisi berliterasi, kuatnya spiritualitas, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan peserta didik.

Perkembangan potensi peserta didik dapat terlihat dari perwujudan pikiran dan kreativitas mereka dalam bentuk tulisan atau karya sastra. Pengertian sastra dalam konteks ini adalah tulisan yang memiliki berbagai keunggulan baik isi maupun bentuk (ekspresi, estetika, dan kreativitas). Salah satu tujuan pendidikan sastra di sekolah dasar adalah untuk meningkatkan kualitas apresiasi dan literasi peserta didik.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan yang sederajat (homeschooling, PKBM, rumah singgah). Kegiatan tersebut merupakan sarana pertemuan dan pembelajaran antarpeserta didik untuk mengikuti lomba menulis cerita pendek, lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair, dan lomba mendongeng.

Kegiatan ini diharapkan dapat memacu peserta didik untuk melakukan olah budi, penalaran, dan kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia.

BAB II PELAKSANAAN

A. Peserta dan Pendamping Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018

1. Peserta Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar
a. Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI);
b. Peserta adalah siswa SD/Ml dan atau yang sederajat dan pada tahun pelajaran 2018/2019 masih berstatus sebagai peserta didik;
c. Peserta belum pernah menjadi juara I, 11, dan Ill
tingkat nasional pada cabang lomba apresiasi sastra (menulis cerpen, pantun, syair, membaca puisi, dan mendongeng) yang diselenggarakan oleh kemendikbud;
d. Finalis adalah siswa yang mengirimkan karya pada lomba Festival dan Lomba Literasi Nasional dan dinyatakan lolos seleksi sejumlah 165 (seratus enam puluh lima) peserta.
2. Pendamping Peserta
Pendamping resmi peserta berasal dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota atau yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan setempat. Jumlah pendamping resmi akan ditentukan berdasarkan jumlah peserta dari masing-masing daerah.

B. Prosedur Seleksi Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018

Berdasarkan Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018, Prosedur seleksi pelaksanaan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar dibagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu:

1. Tahap Seleksi Karya

Seluruh karya yang diterima oleh panitia penyelenggara sesuai dengan batas waktu yang ditentukan akan diseleksi hingga menghasilkan 165 (seratus enam puluh lima) karya peserta yang dinyatakan lolos ke tahap berikutnya. Peserta mengirimkan karya kepada panitia penyelenggara dengan alamat terlampir (Lampiran 4) dengan persyaratan sebagai berikut:

a. Peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba dan hanya mengirimkan satu karya;
b. Setiap karya dikirim 3 (tiga) rangkap dan harus disahkan keasliannya oleh kepala sekolah atau yang mewakilinya (stempel dan tanda tangan);
c. Karya yang dikirim disertai dengan fotokopi identitas diri, berupa kartu pelajar dan biodata singkat (nama peserta didik, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat lengkap, nomor telepon/handphone, e-mail, nama sekolah, alamat sekolah, dan kelas);
d. Batas waktu pengiriman karya pada 31 Agustus 2018 (cap pos).

2. Tahap Pelaksanaan Lomba
Peserta yang karyanya lolos pada tahap seleksi karya akan dipanggil secara resmi oleh panitia penyelenggara untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

C. Komposisi Juri
1. Tim juri untuk tiap cabang lomba terdiri atas unsur sebagai berikut:
a. Kementerian/Lembaga;
b. Akademisi;
c. Pakar/praktisi.
2. Tim juri memutuskan pemenang setiap cabang lomba dengan predikat Juara I, 11, dan 111, serta Juara Harapan I, II, dan Ill.
3. Hasil keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

D. Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat penyelenggaraan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar 2018 akan ditentukan kemudian.

E. Pendanaan
Sumber dana untuk membiayai kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar Tahun 2018 dibebankan pada APBN yang relevan pada tahun 2018 yang dikelola oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

F. Juara dan Penghargaan
Seluruh pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat, dan dana pembinaan.

G. Ketentuan Lain
1. Hak cipta tetap dimiliki oleh penulis yang bersangkutan;

2. Hak penggandaan/reproduksi atau alih wahana karya finalis ada pada Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama 3 tahun sejak karya diterima panitia;
3. Apabila pada kemudian hari diketahui bahwa karya tersebut bukan karya sendiri, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berhak membatalkan predikat juara. Semua fasilitas yang telah diterima harus dikembalikan kepada pihak penyelenggara.

BAB IV PENUTUP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar terus melakukan berbagai upaya berkelanjutan untuk meningkatkan apresiasi dan tradisi berliterasi peserta didik. Upaya tersebut difasilitasi melalui berbagai kegiatan, di antaranya program Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar dengan berbagai cabang lomba di bidang sastra.

Untuk keperluan tersebut dibutuhkan petunjuk teknis kegiatan. Dengan adanya Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018 ini diharapkan kegiatan Festival dan Lomba Literasi Nasional Siswa Sekolah Dasar 2018 dapat terlaksana secara efektif, efisien, akuntabel, dan aplikatif. Pihak• pihak terkait agar dapat menggunakannya sebagai panduan dalam penyelenggaraan Festival dan Lomba Literasi Nasional
Siswa Sekolah Dasar 2018.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) Festival dan Lomba Literasi Nasional (FL2N) Sekolah Dasar (SD) Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Buku Panduan/Petunjuk Teknis (Juknis) FL2N SD Tahun 2018"