Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan O2SN SMK Tahun 2018

| 12 Maret 2018

Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018

Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018







Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMK tahun 2018. Program yang telah menjadi agenda tahunan sejak tahun 2005 ini akan dilaksanaka tanggal 16 s.d. 22 September 2018 di D.I. Yogyakarta.

Pada O2SN jenjang SMK Tahun 2018 mempertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yaitu: Bulu Tangkis, Karate, Pencak Silat, Atletik, dan Renang. Pelaksanaan seleksi kelima cabang olahraga tersebut dimulai dari tingkat sekolah, Provinsi dan di lanjutkan pada tingkat Nasional.

Tujuan dilaksanakan O2SN jenjang SMK Tahun 2018  adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat dan minat di cabang olahraga, sehingga siswa dapat meningkatkan skill dan kemampuan sesuai bidangnya.

Disamping kegiatan ini sekaligus dalam upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan. O2SN adalah gerakan idealisme yang percaya bahwa olahraga bukan hanya tentang raga yang sehat.

Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan pelaksanaan O2SN jenjang SMK tahun 2018 bagi pelatih, wasit/juri, official, dan peserta, agar SMK SMK maupun provinsi dapat melakukan persiapan sehingga penyelenggaraan pertandingan/ perlombaan di tingkat Nasional berjalan sesuai dengan tata cara dan aturan yang telah disepakati bersama.

Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan O2SN jenjang SMK tahun 2018 dapat terlaksana dengan baik. Semoga program ini menjadi wadah kolaborasi pihak-pihak terkait demi kesuksesan penyelenggaraan agar dapat memajukan olahraga secara keseluruhan di Indonesia.

Berikut adalah tautan Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018:




Berikut adalah kutipan dari Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan O2SN SMK Tahun 2018 tersebut:



A.LATAR BELAKANG PELAKSANAAN OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA (O2SN) SMK TAHUN 2018

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003 tentang keolahragaan nasional disebutkan bahwa tujuan keolahragaan nasional adalah memelihara
dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportifitas, disiplin, mempererat
dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa.

Oleh karena itu, pembinaan bidang olahraga bagi siswa dilakukan melalui pendidikan formal mulai taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Pelaksanaannya melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta dapat dilakukan pada kegiatan Ekstra
Kurikuler. Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman wawasan pengetahuan keolahragaan, memiliki kemampuan berolahraga dan meningkatkan derajat kesehatan.

Jenis dan cabang olahraga yang dibina dan dikembangkan diserahkan kepada masing-masing sekolah, dengan mempertimbangkan sumberdaya yang tersedia. Perkembangan olahraga di sekolah saat ini sudah menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak sekolah-sekolah yang sudah memiliki klub-klub olahraga, baik olahraga beregu maupun perorangan. Dari Klub yang telah terbentuk itulah para siswa dapat mengembangkan bakatnya secara intensif sehingga diperoleh prestasi olahraga secara optimal.

Untuk memberikan motivasi, menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap keolahragaan di sekolah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan telah memprogramkan kompetisi bagi beberapa cabang olahraga. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Sekolah, berlanjut pada tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional, sejak Mulai Tahun 2005 sampai dengan sekarang.

Sehubungan dengan penyelenggaraan kegiatan tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan perlu memberikan informasi kepada penyelenggara di daerah. Informasi tersebut disusun pada sebuah Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018.

MEKANISME PELAKSANAAN OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA (O2SN) SMK TAHUN 2018

A. CABANG OLAHRAGA YANG DIPERTANDINGKAN DALAM OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA (O2SN) SMK TAHUN 2018

Cabang olahraga yang dipertandingkan pada kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK tahun 2018 adalah sebagai berikut:


NO CABANG OLAHRAGA PESERTA NOMOR PERTANDINGAN
PUTRA PUTRI PELATIH
1. Kata Perorangan Putra
2. Kumite Kelas _61 kg Putra
3. Kumite Kelas +61 kg Putra
4. Kata Perorangan Putri
1. Karate 1 1 1 5. Kumite Kelas _53 kg Putri
6. Kumite Kelas +53 kg Putri
1. Tunggal Putra
2. Tanding Putra
Pencak 3. Tunggal Putri
2. Silat 1 1 1 4. Tanding Putri
Perorangan
1. Tunggal putri
3. Bulu tangkis 1 1 1 2. Tunggal putra
3. Ganda Campuran
Panca Lomba Putra :
Lari 100 M, Lompat Jauh, Tolak
Peluru, Lempar Lembing, Lari
800m dan
Panca Lomba Putri :
4. Atletik 1 1 1 Lari 100 M, Lompat Jauh, Tolak
Peluru, Lempar Lembing, Lari
800m
1. 50m Gaya Kupu- Kupu Putra dan Putri
2. 100m Gaya Kupu- Kupu Putra dan Putri
3. 50m Gaya Bebas Putra dan Putri
4. 100m Gaya Bebas Putra dan Putri
5. 50m Gaya Punggung Putra dan Putri
6. 100m Gaya Punggung Putra dan Putri
7. 50m Gaya Dada Putra dan Putri
5. Renang 1 1 1 8. 100m Gaya Dada Putra dan Putri
9. 200m Gaya Gan� Putra dan Putri

B. PERSYARATAN PESERTA BERDASARKAN BUKU PEDOMAN/PANDUAN PELAKSANAAN OLIMPIADE OLAHRAGA SISWA (O2SN) SMK TAHUN 2018

1. Siswa SMK yang duduk di kelas X, XI dan XII pada tahun pelajaran 2018/2019 pada saat seleksi di tingkat sekolah, Kab/Kota dan Provinsi;
2. Batas usia peserta kelahiran tahun 2000 keatas (tahun 1999 dan sebelumnya tidak diperkenankan); 3. Siswa yang diperbolehkan mengikui pertandingan/perlombaan adalah hasil seleksi cabang olahraga di tingkat Provinsi. Apabila ditemukan siswa yang mengikuti pertandingan/perlombaan tanpa melalui hasil seleksi tidak diperkenankan mengikuti pertandingan/perlombaan;
4. Peserta wajib menyerahkan:
a. Surat keterangan sehat dari dokter
b. Peserta belum pernah menjuarai di event Internasional resmi cabor masing-masing (Emas, Perak, Perunggu) dengan surat pernyataan;
c. Belum pernah meraih medali emas, perak dan perunggu dalam POPNAS dan O2SN SMK dengan surat pernyataan;
d. Foto copy Surat Tanda Kelulusan (STKL) SMP (legalisir), foto copy raport (legalisir), foto copy kartu pelajar/OSIS, pas foto, dan foto copy akte kelahiran /Surat keterangan lahir (legalisir);
e. Pada saat verifikasi keabsahan, peserta menunjukan dokumen asli Akte kelahiran dan Ijazah SMP/STKL (khusus bagi yang belum memperoleh ijazah SMP);
f. Pendaftaran dan pemenuhan persyaratan dilakukan secara online melalui laman //:psmk.kemdikbud.go.id/pesertadidik
g. Peserta tingkat Nasional adalah siswa yang menjadi pemenangO2SN SMK di tingkat Provinsi, dengan melampirkan SK dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing.

Apabila tidak sesuai dengan persyaratan di atas, maka kepada yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk mengikuti pertandingan/perlombaan.

4. Waktu Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018

Jadwal pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK tahun 2018 Tingkat Nasional tanggal 16 s.d. 22 September 2018 di D.I. Yogyakarta.

5. Pembiayaan

Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga siswa Nasional (O2SN) SMK tahun 2018 dibiayai dengan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2018 dan sumber dana sah lainnya.



Demikian tulisan tentang

Download Buku Pedoman/Panduan Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) SMK Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 10.26

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!