Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018

| 05 April 2018

Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS







Puji Syukur kami panjatkan kepada Alloh SWT, karena atas berkat dan rahmatnya, buku panduan KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS dapat diselesaikan dengan baik.

Penulisan Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS ini dimaksudkan untuk memberikan arahan bagi Petugas KPPS dalam melaksanakan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Buku ini diharapkan dapat memberikan petunjuk secara umum, sehingga pola pikir dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dapat lebih terar'ah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga proses pelaksanaan rekapitulasi tersebut dapat diselesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU.

Penyusunan buku panduan ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat guna penyempurnaan di masa mendatang.

Apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnyajuga kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan dan penyempurnaan buku ini.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat.

Berikut adalah tautan Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS:


Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Berikut adalah kutipan dari sambutan Ketua KPU RI:



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita semua, om suasti astu, namo budaya. Segala puji syukur ke hadirat Tuhan YME, yang selalu memberikan kenikmatan kepada kita semua.

KPU telah berpengalaman dalam menyelenggarakan pilkada sebelumnya yaitu pada gelombang pertama yaitu di tahun 2015 KPU telah menyelenggarakan Pilkada di 269 daerah, meskipun terdapat 1 daerah yang tertunda dan baru dapat dilaksanakan pada bulan November 2016, dan gelombang kedua yaitu di Tahun 2017, KPU telah menyelenggarakan Pilkada di 101 daerah. Bermodalkan pengalaman tersebut diharapkan KPU mampu menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2018 di 171 daerah yang merupakan gelombang ketiga dengan baik dan akuntabel.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada seluruh penyelenggara Pemilihan baik KPU Provinsi KlP Aceh, KPU / KlP Kabupaten/Kota, PPK, PPS maupun KPPS, berkat upaya dan kerja keras rekan-rekan sekalian mampu tercipta penyelenggaraan Pilkada yang akuntable, transparan dan legitimate. Setelah menyelenggarakan Pilkada serentak etape Pertama dan etape kedua, kini kita sudah harus bersiap kembali mempersiapkan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Pilkada Tahun 2018, sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 yang mensyaratkan kepada pemilih untuk membawa KTP Elektronik atau Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bagi pemilih pemula meskipun sudah membawa Formulir Model C6-KWK. Setidaknya ada 3 (tiga) tugas berat yang akan akan menanti rekan-rekan petugas KPPS, yakni:

1. Pelayanan hak pilih;
2. Transparansi penyelenggaraan pemungutan suara,dan;
3. Akuntabilitas penghitungan suara.

Berbagai upaya kita laksanakan untuk mendukung penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara salah satunya adalah penerbitan Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Selain itu, saat ini KPU sedang menyiapkan video tata cara pemungutan dan penghitungan suara, video tata cara pengisian formulir pemungutan dan penghitungan suara, serta video tata cara pengisian formulir rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Untuk itu, besar harapan kami Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS ini dapat menjadi bahan bacaan sekaligus pembelajaran bagi teman-teman KPPS, sehingga paling tidak masalah- masalah yang muncul pada saat penyelenggaraan pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018 dapat diminimalisir atau bahkan ditiadakan.

Akhirnya saya mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh anggota KPPS, semoga apa yang kita kerjakan dapat menjadi ladang ibadah untuk kita semua.

Salam Demokrasi.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan KPPS Pilkada 2018: Panduan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 18.21

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!