Puncak Peringatan Hardiknas Disediakan Pojok Literasi dan Bermain Anak

| 07 Mei 2018

Pojok Literasi dan Tempat Bermain Anak Tersedia di Lokasi Puncak Peringatan Hardiknas,Lombok City Center,Mataram,NTB Tahun 2018

Pojok Literasi dan Tempat Bermain Anak Tersedia di Lokasi Puncak Peringatan Hardiknas Tahun 2018,Lombok City Center,Mataram,NTB






Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang berlokasi di Lombok City Center, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak melulu diisi dengan acara pameran pendidikan dan produk inovasi karya siswa SMK serta bazar buku murah, di sana juga disediakan tempat yang ramah bagi anak-anak maupun orang tua yang turut hadir pada acara tersebut. Pojok Literasi dan Tempat Bermain Anak (Playground) dibangun guna lebih memberikan rasa nyaman bagi anak-anak serta orangtua kala pelaksanaan puncak peringatan Hardiknas dan Lomba Kreativitas Siswa (LKS) SMK 2018.

Di sisi lain,di Tempat Bermain Anak, Ditjen PAUD Dikmas juga menyediakan beragam alat peraga edukasi (APE), seperti meronce, dan puzzle. Permainan lain yang dapat dinikmati selama penyelengaraan puncak peringatan Hardiknas berlangsung hingga 9 Mei 2018 adalah mandi bola dan trampolin. Sehari sebelum acara puncak peringatan Hardiknas digelar, Minggu (6/5) terlihat sejumlah anak-anak menikmati permainan di area tersebut. Meski hanya digelar beberapa hari, Kemendikbud berharap orang tua dan anak-anak dapat mengambil manfaat dari dua area yang telah dibangun tersebut.

Pojok Literasi adalah tempat bagi orang tua yang berminat untuk memperkaya diri dengan membaca buku saku bertema parenting dan praktik baik pelibatan keluarga dalam pendidikan anak. Buku-buku itu disediakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyakarat (Ditjen PAUD Dikmas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan berbagai judul, seperti "Mendampingi Anak Siap Belajar", "Disiplin pada Anak", "Menumbuhkan Minat Baca Anak", dan masih banyak judul lainnya. Tidak hanya dibaca, buku saku itu dapat pula dimiliki pengunjung secara gratis.

Literasi sendiri bisa diartikan sebagai kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual."

Pada Pojok Literasi ini pengunjung anak-anak juga dapat menikmati sejumlah permainan menarik. Salah satu permainan yang dihadirkan adalah berupa papan ular tangga raksasa yang dibentangkan di atas alas karpet dan dilengkapi dadu berukuran besar pula. Selain itu terdapat pula ayunan, perosotan, dan rumah-rumahan yang bisa dimainkan anak-anak.

Sekian tulisan yang berjudul:

Puncak Peringatan Hardiknas Disediakan Pojok Literasi dan Bermain Anak

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 09.09

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!