Download Buku Modul Dasar Pneumatik SMK-MAK K-13

| 30 September 2018

Download Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017

Download Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017



Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran yang disusun sedemikian rupa diharapkan akan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik dalam mempelajari pelajaran pneumatik dan hidrolik. Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini sangat penting nantinya saat siswa bekerja di dunia industri, karena didalam dunia industri saat ini pemindahan barang/produk dari line/station satu ke line/station yang lain memanfaatkan dan menggunakan sistem otomasi yang salah satu tenaganya/sumber energinya berasal dari sistem pneumatik menggunakan media gas yang dimampatkan/udara yang dimampatkan sementara sistem hidrolik menggunakan media fluida/cairan.
Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini disusun sebagai bentuk implementasi kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada pengimplementasian pembelajaran SMK melalui kurikulum industri di luar negeri untuk program studi Teknik Mekatronika. Kedudukan Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017ini sebagai bahan pembelajaran pada mata pelajaran pneumatik dan hidrolik. Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini dipergunakan pada kelas XI semester 5.

Materi yang terkandung dalam Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017ini memuat materi dasar tentang mata pelajaran pneumatik dan hidrolik, diantaranya sistem pneumatik, cairan sistem hirolik dan komponen-komponen hidrolik

Prasyarat

Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017ini siswa sudah memiliki kemampuan dasar Pelajaran pneumatik dan hidrolik kelas XI semester 5 merupakan pelajaran yang tergabung dalam pelajaran C3 pada paket keahlian Teknik Mekatronika. Pelajaran ini diberikan bersamaan dengan pelajaran Mekanika & Elemen Mesin, Teknologi Mekanik dan Teknik Kontrol. Untuk mempelajari ini pelajaran pendukungnya adalah pelajaran C1 yaitu Fisika dan Gambar Teknik, dan pelajaran C2 yaitu Teknik Listrik dan Teknik Elektronika.

Petunjuk Penggunaan Modul

Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini dapat digunakan siapa saja terutama siswa-siswa SMK Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, terutama untuk program studi keahlian Teknik Ketenagalistrikkan dan Teknik Elektronika yang ingin mempelajari dasar-dasar pneumatik dan hidrolik sampai dengan pemanfaatanya di dalam rangkaian penumatik dan hidrolik.

Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017 ini berisi 5 kegiatan pembelajaran yaitu:

1. Kegiatan Belajar 1 : Dasar-dasar Pneumatik

2. Kegiatan Belajar 2 : Produksi Udara Bertekanan

3. Kegiatan Belajar 3 : Komponen-komponen Pneumatik

4. Kegiatan Belajar 4 : Desain rangkaian dasar dengan satu silinder

5. Kegiatan Belajar 5 : Merangkai

Langkah-Langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017ini antara lain:

1. Membaca dan mempelajari materi pembelajaran yang termuat dalam setiap kegiatan belajar dimulai secara urut dari Kegiatan belajar 1 sampai 5
2. Mengerjakan Tugas yang termuat dalam lembar kerja siswa, Tugas -tugas yang ada merupakan kegiatan praktek dan bisa dikerjakan secara kelompok
3. Membuat laporan praktek setelah selesai mengerjakan tugas-tugas yang ada di dalam lembar kerja siswa
4. Mengerjakan Tes Sumatif yang berisi pertanyaan-pertanyaan dari pembahasan teori maupun dari hasil praktek

Tujuan Akhir

Setelah mempelajari seluruh kegiatan pada Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu :

1. Memahami konsep dasar pneumatik.

2. Menjelaskan konsep dasar pneumatik

3. Memahami proses produksi udara bertekanan

4. Menjelaskan Proses produksi udara bertekanan

5. Mengenal macam-macam komponen penumatik dan cara kerjanya

6. Menjelaskan macam-macam komponen pneumatik dan cara kerjanya

7. Menyiapkan komponen pneumatik sesuai kebutuhan dan rencana kerja

8. Merangkai rangkaian pneumatik pada simulasi

Berikut adalah tautan Buku Modul Dasar Pneumatik SMK-MAK K-13


Download Buku Modul Pembelajaran Dasar Pneumatik Teknik Mekatronika untuk SMK-MAK Kurikulum 2013 Tahun 2017

Demikian, semoga bermanfaat.

SUMBER: DIREKTORAT PEMBINAAN SMK


InformasiGuru.Com Updated at: 14.34

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!