Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN Mulai Besok

Mulai Besok Tanggal 28 September 2018, Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN

Mulai Tanggal 28 September 2018, Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN






Akhirnya formasi CPNS 2018 di lingkungan Kementerian Agama akan bisa diakses di Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN mulai besok tanggal 28 September 2018. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Plt Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan ketika merespon pertanyaan para pelamar yang saat ini belum bisa mengakses formasi CPNS Kementerian Agama.

Pada tahun ini, Kemenag membuka 17.175 formasi CPNS yang mana jumlah ini adalah yang paling banyak di antara kementerian dan lembaga negara lainnya. Rincian formasi tersebut telah diumumkan Kemenag sejak 25 September 2018 dan telah dilakukan proses input. Akan tetapi, sebelum akses SSCN-nya dibuka, masih dibutuhkan proses verifikasi dan validasi bersama BKN.

"Besok, Insya Allah sudah bisa diakses. Silahkan calon pendaftar mempelajari dulu rincian yang sudah diumumkan Kemenag sebagai panduan dalam memilih formasi," jelasnya di Jakarta, Kamis (27/09).

"Tim kami terus berkoordinasi dengan BKN untuk validasi dan verifikasi," sambungnya.

Nur Kholis memaparkan, masa pendaftaran online CPNS dihitung sejak rincian formasi bisa diakses pada SSCN BKN. Sebab, Peraturan Pemerintah tentang seleksi CPNS hanya mengatur masa pendaftaran online selama 15 hari kalender.

"Jika formasi Kemenag bisa diakses pada SSCN BKN sejak 28 September, maka masa pendaftaran akan berlangsung hingga 15 hari ke depannya, sampai 12 Oktober" terangnya.

"Jadi, kesempatan pelamar untuk mendaftar tidak berkurang, tetap 15 hari kalender," tegasnya.

Dengan proses verifikasi dan validasi yang cermat dan ketat sejak awal, Nur Kholis berharap hal itu akan memudahkan proses selanjutnya dalam penerimaan CPNS Kemenag yang lebih transparan dan akuntabel.

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa belum semua instansi bisa dijadikan pilihan pelamar CPNS. Sampai kemarin, dari total 76 K/L dan 525 Pemda yang membuka lowongan, baru 30% yang tersedia di portal sscn.bkn.go.id.

"Sesuai data back office SSCN, instansi yang sudah go live, bisa dipilih teman teman pada pukul 12.40 WIB terdapat 224 instansi, terdiri dari 185 Pemda, 39 K/L, totalnya 224. Kalau kita bagi 601 itu 30% dari semua instansi yang membuka lowongan tahun ini," rincinya dalam konferensi pers di Kantor BKN, Rabu (26/9)

Menurut Ridwan, tidak ada kewajiban bagi instansi untuk menyerahkan formasi lowongan CPNS maksimal tanggal 26 September. Ditegaskan oleh Ridwan, terdapat tenggat waktu sampai tanggal 10 Oktober.

"Kapan selesainya diserahkan ke masing masing instansi. Time frame secepat-cepatnya 26 September, selambat-selambatnya 10 Oktober 2018," tutupnya.

Sekian tulisan yang berjudul:

Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN Mulai Besok

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Formasi CPNS Kemenag Bisa Diakses di SSCN Mulai Besok"