Download Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace)

| 30 September 2018

Download Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri)

Download Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri)



CAD (Computer Aided Design) adalah Teknologi komputer baik hardware maupun software untuk proses pembuatan desain beserta dokumentasi. Penggunaan CAD telah digunakan secara luas oleh masyarakat maupun dunia Industri. Banyak aplikasi CAD yang disipakan untuk berbagai sektor indsutri seperti merancang kontruksi rumah, jembatan, mesin-mesin industri, produk hingga produk Fashion. Aplikasi CAD saat ini tersedia untuk mendesain, membuat pola, visual merchandising virtual 2 dimensi, 3 dimensi hingga animasinya.

Penggunaan aplikasi CAD dalam masyarakat modern saat ini telah merasuki hampir setiap industri termasuk juga industri desain fashion. Di era digital saat ini dan sesuai dengan tuntutan keterampilan Abad 21, agar tidak tertinggal dengan sistem kerja global yang memanfaatkan teknologi ICT secara luas di setiap aspek kehidupan sehingga banyak lembaga pendidikan fashion mengintegrasikan penggunaan CAD dalam kurikulum pengajaran. Para desainer pakaian sekarang bekerja menggunakan komputer untuk membuat sketsa, ilustrasi dan presentasi desain. CAD memungkinkan desainer untuk melihat desain pakaian secara virtual baik dalam 2D maupun 3D pada model virtual dan dalam berbagai warna, motif, draperi bahan pada tubuh model.

Saat ini komputer untuk fashion telah berkembang dengan pesat. Desain fashion dapat dilakukan dengan menggunakan CAD. Teknologi CAD untuk indsutri fashion dapat digunakan dari menentukan janis dan motif bahan,ukuran, membuat pola hingga presentasi produk sehingga komputer merupakan komponen Pening dari industri fashion. Meski tidak sepenuhnya CAD mampu menggantikan desain manual namun tuntutan penggunaan CAD di era digital ini semakin tinggi, software-software
desain terus dikembangkan untuk membantu orang-orang yang berkecimpung dalam dunia fashion agar mampu menampilkan karya lebih cepat, lebih menarik dan lebih realistik bagi pelanggannya.
Cara tradisional menyusun atau membuat sketsa dengan tangan masih merupakan metode yang paling banyak digunakan para pelaku industri fashion sehingga di sekolah mode, pengajaran metode desain tradisional, termasuk konstruksi pola manual tetap Pening untuk tetap dilaksanakan namun tidak diragukan lagi bahwa belajar metode CAD ini sangat Pening untuk diterapkan mengingat perkembangan teknologi dan sistem kerja saat ini menuntut penggunaan komputer desain. CAD dapat membantu siswa menggambar, membuat tekstur anyaman, untuk membuat pola, menyesuaikan ukuran dan bahkan menentukan warna, motif, jenis kain dengan cepat dan udah tanpa mengulangi proses dari awal. Dengan Memperkenalkan aspek teknologi ini akan memungkinkan siswa untuk memahami lebih baik dan mencoba berbagai kombinasi dalam desain mereka. Ini akan menghemat faktor waktu yaitu dengan menggunakan metode CAD siswa dapat belajar lebih banyak dengan waktu lebih cepat dan hasilnya dapat dilihat lebih nyata sebelum menjadi produk jadi.
Di industri garmen penggunaan CAD telah terkombinasi dengan CAM (computer aided manufacturing) dimana software CAD/CAM ini telah terintegrasi dalam alur produksi dari awal hingga akhir. etelah Anda selesai desain, saatnya untuk membuat sampel dari garmen. Dengan program mode CAD dapat membuat sketsa teknis dengan akurat sesuai dengan ukuran dan fitting pakaian pada tubuh sehingga dari CAD dapat menghasilkan sampel yang benar-benar benar sesuai desain/spesifikasi teknis yang diharapkan. Menggunakan CAD juga membuat produksi garmen jauh lebih cepat dan mudah. Dengan template yang tepat tentang bagaimana jatuhnya pakaian pada tubuh, memungkinkan lebih dari langkah-langkah dalam proses pra-produksi hingga produksi secara otomatis, seperti menggelar kain, memotong pola dari pakaian dalam jumlah besar. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya dalam proses produksi.

Peluang Kerja bidang fashion sangat terbuka luas dari sektor industri kreatif, industri retail maupun industri garmen tersebar di seluruh dunia. Komunikasi bisnis dalam industri fashion saat ini sudah tak terbatas ruag dan waktu sehingga komunikasi dalam format digital menjadi kebutuhan yang tak bisa ditolak untuk itu penguasaan teknologi CAD sebagai bagian dari perkembangan ICT saat ini
merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu sekolah mode termasuk SMK bidang Tata Busana sangat Pening untuk melaksanakan pembelajaran CAD.

"Making Indonesia 4.0" merupakan salah satu program menyiapkan industri Indonesia menghadapi revolusi industri ke 4. Salah satu sektor yang menjadi prioritas adalah industri tekstil dan garmen. Era revolusi industri 4 ditandai dengan otomasi, robotika dan segalanya terhubung dengan internet (Internet of Things). PerkembanganTeknologi tersebut menuntut semua pihak untuk melakukan perubahan sistem kerja, termasuk dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten.
SMK harus mampu menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi dan menguasai teknologi yang digunakan ind ustri. Teknologi CAD/CAM pembuatan pola busana telah umum digunakan di industri garmen dan telah tercantum dalam kurikulum 2013 SMK kompetensi keahlian Tata Susana melalui mata pelajaran pembuatan busana industri dengan salah satu kompetensi dasar membuat pola busana dengan komputer/CAD . Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi kehadiran buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD ini yang ditulis oleh guru SMK. Saya mengucapkan terimakasih kepada penulis dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam terbitnya  Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri) ini.

Semoga dengan terbitnya Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri) ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing siswa SMK di Indonesia. Aamiin.

Berikut adalah tautan Download Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri):


Download Buku Pattern, Grading dan Marker dengan CAD (Richpeace) (Buku penunjang pembelajaran pembuatan busana sistem industri)

Demikian, semoga bermanfaat.



SUMBER: DIREKTORAT PEMBINAAN SMK KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN


InformasiGuru.Com Updated at: 13.03

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!