Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kementerian Agama Siapkan PMA Tentang Pedoman Kerjasama PTKI

Kemenag Susun Peraturan Menteri Agama Tentang Pedoman Kerjasama PTKI/Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Kemenag Susun Peraturan Menteri Agama Tentang Pedoman Kerjasama PTKI/Perguruan Tinggi Keagamaan Islam






Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Pedoman Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) saat ini sedang dalam proses penyusunan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama/Kemenag . Pembahasan tersebut terkuak dalam rapat koordinasi yang dihadiri para wakil rektor bidang kerjasama dan international office PTKIN di Bandung, 26-28 September 2018.

"PMA ini diperlukan untuk mengatur tata cara kerjasama yang akan dilakukan oleh PTKI," papar Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Arskal Salim di Bandung, Jumat (28/09).

Menurut Salim, PMA ini sangat dibutuhkan supaya kerjasama yang di bangun oleh PTKIN, baik dengan pihak di dalam maupun luar negeri bisa sesuai dengan aturan yang ada.

"Dengan demikian, proses kerjasama yang dibangun tidak bermasalah di kemudian hari," terangnya.

PMA Tentang Pedoman Kerjasama PTKI  ini diharapkan sudah mulai diberlakukan pada tahun 2019. Seluruh PTKIN harus membangun kerjasama yang lebih luas baik dalam maupun luar negeri, karena ini akan berdampak terhadap mutu dan kualitas lembaga.

Salim meminta supaya seluruh MOU dan kerjasama yang telah dibangun oleh setiap PTKI agar dibuatkan direktori kerjasama yang bisa diakses oleh publik. “Dengan adanya direktori kerjasama ini akan mempermudah untuk melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap MOU dan kerjasama yang masih aktif, kadaluwarsa dan yang sudah tidak aktif,” terang beliau.


Salah satu program kerjasama yang akan dilaksanakan oleh Kemenag tahun ini adalah pemberian beasiswa untuk mahasiswa luar negeri yang belajar di PTKIN, khususnya di UIN dan IAIN. Ini merupakan salah satu langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat studi agama Islam dunia.

Inisiatif ini disambut positif oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati, Mahmud. “Alhamdulillah kami sangat menyambut baik kegiatan ini dan kami berharap dari kegiatan ini akan terbit draf Peraturan Menteri Agama/PMA dan pedoman kerjasama yang akan menjadi panduan kita bersama agar di kemudian hari tidak menjadi permasalahan dan temuan,” tutupnya.

Demikian tulisan tentang

Kementerian Agama Siapkan PMA Tentang Pedoman Kerjasama PTKI

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Kementerian Agama Siapkan PMA Tentang Pedoman Kerjasama PTKI"