Daftar Peraih Medali OPSI SMA Tahun 2018

| 22 Oktober 2018

Daftar Peraih Medali Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Tahun 2018

Daftar Peraih Medali Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMA Tahun 2018



Pengumuman peraih medali pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau disingkat OPSI tahun 2018 ini telah dirilis secara resmi pada situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Daftar peraih medali diumumkan berdasarkan kategori bidang yang terdiri atas:

1. Bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST)

2. Bidang Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR)

3. Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH)

4. Bidang Kategori Lainnya.

Ada tiga jenis medali unuk para para peserta yang berhasil meraih medali; emas, perak, dan perunggu. Format pengumuman menganut empat kolom. Kolom pertama adalah jenis medali. Kolom kedua adalah nama lengkap peserta peraih medali. Kolom ketiga adalah judul penelitian. Kolom terakhir adalah asal sekolah.

Hal yang menarik dari pengumumuman peraih medali OPSI SMA tahun 2018 ini adalah terdapatnya peraih medali emas bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST) yang berasal dari Madrasah Aliyah. Tentu saja hal ini merupakan refleksi bahwa Madrasah Aliyah sudah bukan jamannya lagi untuk dijadikan sebagai pilihan alternatif selain SMA. Peraih medali emas dari bidang MST yang berasal dari MA  berasal dari MAN 1 Yogyakarta dan MAN Insan Cendikia Kota Palu atas nama Royhan Ikbar Muhammad Ibnu Prarista (MAN 1 Yogyakarta), Satriawan Sanusi, Robiq Firly Alfian (MAN Insan Cendekia Kota Palu), Nadia Riqqah Nurlayla, Nandagesta Aurelia Shafa Wagmi (MAN 2 Kota Malang).

Untuk informasi selengkapnya, silahkan ikuti tautan download sebagai berikut:


Daftar Peraih Medali Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMA Tahun 2018.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


InformasiGuru.Com Updated at: 13.47

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!