Peran Vital Keluarga Dalam Pendidikan Anak

| 29 Oktober 2018

Peran Penting dan Vital Keluarga Dalam Pendidikan Anak

Peran Penting Keluarga Dalam Pendidikan






Kala gelar acara puncak Apresiasi Pendidikan Keluarga 2018 di Plaza Insani Gedung A Komplek Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemdikbud) Senayan, Kamis (25/10), Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD & Dikmas) Harris Iskandar, menjelaskan tentang betapa penting dan vitalnya peran keluarga dalam pendidikan.

Keluarga memiliki peran penting dalam pendidikan,” terang Harris di sela-sela acara tersebut.

Harris Iskandar menambahkan lagi dalam sambutannya, keluarga adalah salah satu pilar penting dalam tri sentra pendidikan, bersama sekolah dan masyarakat yang berperan vital dalam membentuk generasi emas yang berkarakter dan berbudaya prestasi di masa yang akan datang.

Untuk itu Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga telah menyediakan layanan pendidikan keluarga di 237.332 satuan pendidikan, atau mencapai 55% dari 429.768 jumlah satuan pendidikan di Indonesia.

Oleh karenanya, Harris menghimbau satuan pendidikan dan orangtua peserta didik mampu bersinergi dalam mendidik putra-putrinya, baik dari sisi akademik maupun karakter. Karena menurutnya untuk mencerdaskan bangsa tidak cukup hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik, namun hal terpenting justru menjadikan mereka memiliki sikap atau karakter yang baik, sesuai nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa.


Pada acara yang mengangkat tema “Pendidikan Keluarga untuk Menumbuhkan Karakter dan Prestasi Anak”, turut memberi penghargaan kepada para pemenang lomba jurnalistik, blog dan karya film pendek tentang pendidikan keluarga, serta apresiasi kepada 10 orang tua hebat dan 21 lembaga pendidikan formal dan nonformal ramah anak.

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

*Sumber: paud-dikmas.kemdikbud


InformasiGuru.Com Updated at: 09.45

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!