Download Buku Renstra Direktorat Pembinaan PAUD Tahun 2015-2019

| 30 Maret 2019

Download Buku Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Tahun 2015-2019 pdf

Download Buku Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Tahun 2015-2019 pdf






Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pengejawantahan dari Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Mas- yarakat yang diturunkan dari Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2015, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini. Sesuai Pasal 265 Permendikbud No. 11 Tahun 2015, tugas Direktorat Pembinaan PAUD adalah melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) . Pasal 266, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menyelenggarakan fungsi a.l.: (1) penyiapan perumusan kebijakan di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola pendi- dikan anak usia dini; (2) koordinasi dan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola pendidikan anak usia dini; (3) pening- katan kualitas pendidikan karakter peserta didik pendidikan anak usia dini; (4) fasilitasi sarana dan prasarana serta pendanaan pendidikan anak usia dini; (5) pertimbangan pemberian izin penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan perwakilan negara asing dan satuan pendidikan anak usia dini kerja sama yang diselenggarakan oleh lembaga asing dengan lembaga pendidikan Indonesia, serta kerja sama di bidang pendidikan anak usia dini; (6) fasili- tasi pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan anak usia dini; (7) penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana, pendanaan, dan tata kelola pendidikan anak usia dini; (8) pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pendidikan anak usia dini; (9) pelaksanaan evaluasi dan laporan di bidang pendidikan anak usia dini. Dalam melaksanakan tugas tersebut Direktorat Pembinaan PAUD memiliki struktur organisasi seperti yang tertuang dalam Pasal 267 Permendikbud No. 11 Tahun 2015, Direktorat Pembinaan PAUD terdiri atas: (1) Subdirektorat Program dan Evaluasi; (2) Subdi- rektorat Kurikulum; (3) Subdirektorat Sarana dan Prasarana; (4) Subdirektorat Kelembagaan dan Kemitraan; dan (5) Subbagian Tata Usaha.

Tugas dan fungsi Direktorat Pembinaan PAUD menjadi sangat strategis dalam penyiapan ma- nusia unggul sejak dini mengingat usia dini merupakan masa kritis sekaligus masa emas. Pada usia ini otak anak sedang mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya, yang akan ikut menentukan bagi keberhasilan anak di masa dewasanya. Berdasarkan berbagai hasil penelitian/ studi, baik di negara lain maupun di Indonesia, manfaat mengikuti pendidikan anak usia dini telah nyata terbukti.

Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development --- ESD) telah disepakati oleh banyak negara (terutama anggota UNESCO) sebagai ac- uan kebijakan pendidikan ke depan. Kunci penting untuk terwujudnya pembangunan berkelanjutan adalah pendidikan yang berkualitas yang dimulai sejak usia dini.

Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2015-2019 disusun mengacu kepada (a) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasion- al, (b) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun (RPJPN) 2005-2025, (c) Peraturan Presiden Nomor 2 tahun 2015 tentang Ren- cana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, (d) Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan (e) Renstra Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) Tahun 2015-2019.

Renstra ini akan menjadi dasar dan pedoman dalam menyusun: (1) Rencana Kerja Tahunan (RKT); (2) Program dan kegiatan pembangunan PAUD secara teruktur dan terarah; (3) Koordinasi per- encanaan dan pengendalian pembangunan PAUD ; (4) Laporan Tahunan; dan (5) Laporan Akunt- abilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

Selain itu, Renstra ini menyajikan sasaran dan target serta strategi pencapaiannya yang dilaku- kan melalui peningkatan mutu dan akses layanan PAUD yang didukung dengan kerangka imple- mentasi dan perkiraan kebutuhan biaya penyelenggaraan PAUD dalam kurun waktu 2015-2019, mekanisme pemantaun dan evaluasi, serta pengendalian program untuk penjaminan mutu dan memastikan bahwa penyelenggaran program dan kegiatan berjalan sesuai rencana dengan menday- agunakan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien.

Berikut adalah tautan Download Buku Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Tahun 2015-2019 pdf


Download Buku Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Tahun 2015-2019 pdf

Demikian tulisan tentang Buku Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Tahun 2015-2019 pdf. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 09.44

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!