SE Dirjen Dikdasmen Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak Di Sekolah

| 17 April 2019

Download SE Dirjen Dikdasmen No: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah Tahun 2019

Download SE Dirjen Dikdasmen No: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah Tahun 2019






Menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Dirjen Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak Di Sekolah. Surat edaran ditujukan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menghimbau sekolah untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

A. Melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah pada Hari Kesiapsiagaan Bencana tanggal 26 April 2019 pukul 10:00 s.d 12:00 waktu setempat.
B. Melaksanakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di sekolah paling lama 2 jam.
C. Membuat Slogan Siap untuk Selamat selama pelaksanaan kegiatan simulasi berlangsung melalui media publikasi.
D. Informasi mengenai Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 dapat diakses melalui laman: https://siaga.bnpb.go.id.

Hal yang sangat penting terkait kesiapsiagaan bencana dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan. Beberapa hal yang penting untuk dilakukan adalah, kenali ancamannya dimanapun kita berada, kenali solusi untuk pengurangan risiko dan penyelamatan diri, buat rencana kesiapsiagaan/SOP/Protap, cek sarana dan prasarana keselamatan diri dan lingkungan. Dan tidak kalah pentinya juga investasi untuk mengurangi risiko, serta latihan kesiapsiagaan bencana.

Salah satu upaya untuk membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana dan dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan baik individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat maupun setelah bencana terjadi maka sangat penting untuk dilakukan latihan/simulasi evakuasi bencana. Latihan atau simulasi evakuasi bencana digunakan untuk melatih kesiapan dalam keadaan darurat sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kebingungan, dan memastikan kesiapan prosedur dan peralatan tanggap darurat.

Tujuan inti dari simulasi evakuasi bencana yakni untuk memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya bencana. Karenanya, simulasi evakuasi bencana wajib sering diberlakukan di lingkungan sekolah guna mendidik warga sekolah khususnya tentang bahaya bencana. Dengan adanya simulasi ini, diharapkan jika bencana yang sebenarnya terjadi maka dapat meminimalisir jatuhnya korban dikarenakan adanya kesiapan dan kesiagaan yang telah terbentuk dengan baik. ‘Tetap tenang dan tidak panik’, adalah point penting saat terjadi bencana.

Berikut adalah link atau tautan untuk mendownload SE Dirjen Dikdasmen Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak Di Sekolah.


Download SE Dirjen Dikdasmen No: 4411/D/HM/2019 Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak di Sekolah Tahun 2019

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh.

Sekian tulisan yang berjudul:

SE Dirjen Dikdasmen Tentang Pelaksanaan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak Di Sekolah Tahun 2019

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!


InformasiGuru.Com Updated at: 23.31

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!