Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2017

| 20 Juli 2019

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Pendidikan Agama Katolik pada dasarnya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan untuk membangun hidup yang semakin beriman. Membangun hidup beriman Kristiani berarti membangun kesetiaan pada Injil Yesus Kristus, yang memiliki keprihatinan tunggal, yakni Kerajaan Allah. Kerajaan Allah merupakan situasi dan peristiwa penyelamatan: situasi dan perjuangan untuk perdamaian dan keadilan, kebahagiaan dan kesejahteraan, persaudaraan dan kesetiaan, kelestarian lingkungan hidup, yang dirindukan oleh setiap orang dari pelbagai agama dan kepercayaan.


Ruang lingkup pembelajaran dalam Pendidikan Agama Katolik mencakup empat aspek yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lain. Keempat aspek yang dibahas secara lebih mendalam sesuai tingkat kemampuan pemahaman peserta didik adalah sebagai berikut:

1. Pribadi Peserta Didik
Ruang lingkup ini membahas tentang pemahaman diri sebagai pria dan wanita yang memiliki kemampuan dan keterbatasan, kelebihan dan kekurangan dalam berelasi dengan sesama serta lingkungan sekitarnya.

2. Yesus Kristus
Ruang lingkup ini membahas tentang bagaimana meneladani pribadi Yesus Kristus yang mewartakan Allah Bapa dan Kerajaan Allah, seperti yang terungkap dalam Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

3. Gereja
Ruang lingkup ini membahas tentang makna Gereja, bagaimana mewujudkan kehidupan menggereja dalam realitas hidup sehari-hari.

4. Masyarakat
Ruang lingkup ini membahas secara mendalam tentang hidup bersama dalam masyarakat sesuai firman atau sabda Tuhan, ajaran Yesus dan ajaran Gereja.

E. Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik

Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik melalui proses 5 M yaitu, mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan. Meski menjadi salah satu ciri Kurikulum 2013, pendekatan ini bukanlah merupakan pendekatan satu-satunya. Dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai pendekatan dan pola pembelajaran yang lain sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.

Selain pendekatan saintifik, kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan kateketis sebagai ciri pembelajarannya. Pendekatan kateketis berorientasi pada pengetahuan yang tidak lepas dari pengalaman, yakni pengetahuan yang menyentuh pengalaman hidup peserta didik. Pengetahuan diproses melalui refleksi pengalaman hidup, selanjutnya diinternalisasikan sebagai pembentuk karakter peserta didik. Pengetahuan iman tidak akan mengembangkan diri peserta didik, jika ia tidak mengambil keputusan terhadap pengetahuan tersebut. Proses pengambilan keputusan itulah yang menjadi tahapan kritis sekaligus sentral dalam pembelajaran agama katolik. Tahapan proses pendekatan kateketis adalah 1) Menampilkan fakta dan pengalaman manusiawi yang membuka pemikiran atau yang dapat menjadi umpan, 2) Menggumuli fakta dan pengalaman manusiawi secara mendalam dan meluas dalam terang Kitab Suci, 3) Merumuskan nilai-nilai baru yang ditemukan dalam proses refleksi sehingga terdorong untuk menerapkan dan mengintegrasikan dalam hidup.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Kompetensi inti dan kompetensi dasar yang perlu dimiliki setiap peserta didik setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik adalah sebagai berikut:

Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
1.    Menghargaidan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1. Bersyukur karena dirinya diciptakan  sebagai citra Allah.1.2. Bersyukur kepada Allah atas kemampuan dan keterbatasan yang dimilikinya.1.3. Bersyukur  atas  dirinya telah  diciptakan  sebagai  laki-laki atau perempuan yang sederajat.1.4. Bersyukur  atas  anugerah    seksualitas  demi  kehidupan bersama yang lebih baik.1.5. Bersyukur   atas     peran   keluarga,  sekolah,  Gereja  dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya.1.6. Bersyukur  atas    peran  teman   terhadap perkembangan dirinya.1.7. Beriman akan Yesus yang telah mengajarkan sifat dan sikap yang baik.1.8. Beriman   akan  Yesus   yang   memperjuangkan  nilai-nilaiKerajaan.
2.    Menghargaidan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungansosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 2.1. Percaya diri terhadap keunikan diri sebagai citra Allah.2.2. Bertanggung jawab   mengembangkan  kemampuan dan mengatasi keterbatasan dirinya.2.3. Santun terhadap perempuan dan laki-laki sebagai ciptaanTuhan yang sederajat.2.4. Bertanggung jawab dalam  mengembangkan   seksualitas secara benar sebagai anugerah Allah.2.5. Bertanggung jawab  pada  keluarga,  sekolah,  Gereja dan masyarakat  atas peran mereka terhadap pengembangan dirinya.2.6. Peduli pada peran teman terhadap perkembangan dirinya2.7. Jujur   dalam  meneladani berbagai  sifat dan  sikap YesusKristus.2.8. Percaya diri dalam  mewujudkan  nilai-nilai Kerajaan Allah yang diperjuangan Yesus Kristus.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 3.1.   Memahami keunikan diri sebagai citra Allah.3.2.   Memahami     berbagai   kemampuan  dan   keterbatasan dirinya.3.3.   Memahami  sikap  dan  pandangan masyarakat  tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki.3.4. Memahami    berbagai cara untuk mengembangkan seksualitas sebagai  anugerah Allah demi kehidupan bersama.3.5. Memahami  peran  keluarga,  sekolah,  Gereja  dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya.3.6.   Memahami    peran    teman    terhadap   perkembangan dirinya.3.7.   Memahami   berbagai  sifat dan sikap Yesus Kristus yang patut diteladani.3.8. Memahami     nilai-nilai    Kerajaan    Allah    untuk mengembangkan hidup bersama.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. 4.1.   Melakukan aktivitas (misalnya menyusun  doa/ membuat refleksi/ membuat puisi) yang mengungkapkan rasa syukur atas  dirinya sebagai citra Allah.4.2.   Menyusun     rencana     dan     melaksanakan      kegiatan untuk mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan.4.3.   Melakukan  aktivitas  (misalnya  menyusun   doa/   puisi/ refleksi/ kliping) tentang kesederajatan perempuan dan laki-laki dalam hidup sehari-hari.4.4.   Melakukan  aktivitas  (misalnya  menyusun   doa/   puisi/ refleksi/ slogan) tentang mengembangkan seksualitas sebagai  anugerah Allah demi kehidupan  bersama  yang lebih baik.4.5.   Melakukan     aktivitas     (misalnya     menyusun      doa/ puisi/ refleksi/ merencanakan suatu kegiatan) yang mengungkapkan rasa syukur atas peran keluarga, sekolah,Gereja dan masyarakat terhadap pengembangan dirinya.4.6.   Melakukan  aktivitas  (misalnya  menyusun   doa/   puisi/ refleksi) yang  mengungkapkan rasa  syukur atas  peran teman terhadap perkembangan dirinya.4.7.  Merencanakan aktivitas/ kegiatan sebagai perwujudan meneladan berbagai  sifat dan sikap Yesus Kristus dalam kehidupan  sehari-hari.4.8.   Melakukan aktivitas (misalnya Menemukan dan menuliskan ayat-ayat Kitab Suci/ menghias  ayat Kitab Suci/ membuat motto)    yang  berhubungan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah demi hidup bersama yang lebih baik.

Selengkapnya, Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dapat di-download pada tautan berikut:


BUKU GURU:

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Guru Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

BUKU SISWA:

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Download Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti SMP Kelas 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017


InformasiGuru.Com Updated at: 08.02

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!