Silabus PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 pdf

| 24 Juli 2019

Download Silabus PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2013 pdf

Download Silabus PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2013 pdf

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki visi dan misi mengembangkan siswa menjadi warga negara yang baik yang memiliki rasa kebanggaan terhadap Negara Indonesia, cinta tanah air, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan rumah, sekolah, dan sekitarnya serta berbangsa dan bernegara. Untuk itu dikembangkan substansi pembelajaran yang dijiwai oleh 4 (empat) konsensus kebangsaan yaitu (1) Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa; (2) Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sebagai hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; (3) Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; (4) dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk negara Republik Indonesia.


Pembelajaran PPKn dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21st Century Skills) agar para guru PPKn menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola dan mengembangkan pembelajarannya. Silabus PPKn di SMP-MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017  disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana agar mudah dipahami dan dilaksanakan guru dengan tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Prinsip penyusunan silabus  PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2013 antara lain mudah diajarkan/dikelola oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs)

Berdasarkan pada aspek materi PPKn, maka kompetensi yang harus dicapai siswa setelah mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP/MTs sebagai berikut:

Berintegritas sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Berperan serta dalam menjaga kedaulatan Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Repulbik Indonesia tahun 1945

Mendukung persatuan dan kesatuan dalam menyelesaikan masalah nasional

Mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan membela kebenaran, persatuan dan kesatuan di lingkungannya

Kerangka Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP/MTs

Kompetensi Dasar PPKn disusun sesuai dengan Kompetensi Inti tiap kelas. Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia siswa pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai KD pada kelas yang berbeda dapat dijaga. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:

1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik siswa, kemampuan awal, dan ciri khas mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Pengorganisasian ruang lingkup materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikembangkan sesuai dengan prinsip mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI sampai dengan jenjang SMA/MA/SMK/MAK. Prinsip mendalam berarti materi PPKn dikembangkan dengan materi pokok sama, namun semakin tinggi tingkat kelas atau jenjang semakin mendalam pembahasan materi. Prinsip meluas berarti lingkungan materi dari keluarga, teman pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan materi dapat dilihat dari rumusan Kompetensi Dasar.

Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disusun dengan ruang lingkup sebagai berikut:

• Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa.
• Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
• Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
• Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk negara Republik Indonesia.

Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/PPKn SMP MTs Kelas 7,8,9 Kurikuluim 2013 Revisi 2017 dengan keluasan dan kedalaman seperti tabel berikut.

Kelas VIIKelas VIIIKelas IX
1.  Proses perumusan danpenetapan Pancasila sebagai dasar negara2.  Norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan3.  Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun19454.  Keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai bhinneka tunggal ika5.  Bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat1.   Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa2.   Makna, kedudukan dan fungsi undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional3.   Tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia4.   Makna dan arti kebangkitan nasional1908 dalam perjuangankemerdekaan RepublikIndonesia5.   Nilai dan semangat sumpah pemuda tahun1928 dalam bingkai1.  Peristiwa dan dinamikayang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa2.  Isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan undang- undang dasar negara republik indonesia tahun 19453.  ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 19454.  Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi

Berikut adalah tautan Download Silabus PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2013 pdf:


Download Silabus PPKn SMP-MTs Kelas 7,8,9 Kurikulum 2013 Revisi 2013 pdf


InformasiGuru.Com Updated at: 10.09

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!