Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7 K13

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Penilaian Tengah Semester Ganjil/I merupakan salah satu instrumen penilaian yang sangat menentukan dalam menentukan penilaian akhir di buku rapor. Mengingat pentingnya PTS I ini, maka peserta didik diharapkan untuk mempersiapkannya dengan baik.

Materi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas VII Sampai dengan Penilaian Tengah Semester (PTS) I

Materi pembelajaran berasal dari Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam Semester I terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kurikulum yang diacu adalah Kurikulum 2013 dengan Revisi Terbaru 2017. Namun demikian, bagi peserta didik yang mengacu pada Revisi 2016 juga tidak masalah karena konten atau isi materinya hampir dikatakan sama kecuali perubahan-perubahan minor yang tidak signifikan.

Pada semester I ini, materi IPA dibagi menjadi enam bab yang terdiri atas: Objek IPA dan Pengamatannya, Klasifikasi Makhluk Hidup, Klasifikasi Materi dan Perubahannya, Suhu dan Perubahannya, Kalor dan Perpindahannya, dan Energi dalam Sistem Kehidupan. Materi Penilaian Tengah Semester Ganjil/I ini hanya sampai dengan Bab III. Klasifikasi Materi dan Perubahannya.

Mapel IPA ini sangat unik karena menuntut pemahaman ilmu alam yang sistematis. Peserta didik dituntut untuk tidak sekadar menghafal saja namun juga dituntut untuk memperoleh pemahaman materi dengan penalaran yang baik. Dengan melakukan penalaran terhadap mapel IPA ini, peserta didik diharapkan memahami materi per bab dengan baik. Pemahaman materi yang ideal adalah ketika para peserta didik mampu menjawab pertanyaan terkait materi sampai dengan tingkat penerapan. Maksudnya adalah bahwa pemahaman peserta didik diuji dengan soal-soal yang menuntut penyelesaian aplikatif berdasarkan basis pemahaman yang diperolehnya.

Persiapan Menghadapi PTS 1 Mapel IPA SMP-MTs Kelas 7

Mengingat pentingnya PTS dalam penentuan nilai rapor, maka ia harus dipersiapkan secara baik oleh peserta didik. Setidaknya ada dua persiapan yang seharusnya dikerjakan. Persiapan pertama adalah belajar secara terus menerus. Kebersinambungan dalam belajar ini sering menjadi masalah bagi para peserta didik. Apalagi di zaman yang serba digital seperti sekarang ini dimana game telah menjadi sesuatu yang mudah diakses. Game ini rentan sekali membagi fokus peserta didik dalam belajar. Game sejatinya tidak bermasalah. Yang bermasalah adalah ketika game ini membagi fokus dan menyita waktu belajar. Belajar secara berkesinambungan juga merupakan hal yang tidak mudah dikerjakan apabila tidak dibiasakan. Permasalahannya sekarang adalah bagaimana pola hidup peserta didik yang dibiasakan dengan belajar yang berkesinambungan. Apalagi kurikulum 2013 sekarang ini menuntut penalaran dan cara berpikir dengan metode ilmiah.

Cara kedua adalah dengan rajin mengerjakan latihan soal. Hal ini bertujuan untuk memetakan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Karena tujuan belajar sebenarnya adalah untuk memecahkan masalah kehidupan. Dengan belajar, maka masalah dan tantangan hidup niscaya akan lebih mudah diselesaikan dan ditangani. Hal ini berlaku juga dalam belajar materi pelajaran. Materi pelajaran akan diaplikasikan dalam bentuk soal-soal latihan yang menuntut peserta didik untuk menalar dalam menyelesaikan soal-soal latihan.

Terkait dengan Persiapan Menghadapi PTS 1 Mapel IPA SMP-MTs Kelas 7, peserta didik hendaknya mengetahui pemetaan materi belajar. Untuk mapel IPA ini, materi belajarnya sampai dengan BAB III. Setelah memetakan materi belajar, peserta didik dapat berlatih mengerjakan soal dalam buku acuan atau sumber-sumber lain yang relevan.

Tim Informasi Guru menyediakan contoh Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7. Sesuai dengan judul, maka latihan soal disertai dengan jawaban untuk membantu peserta didik mengukur dan memetakan pemahaman materi belajar.

Deskripsi Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7 IPS yang disusun oleh Tim Informasi Guru berisi dua puluh contoh soal latihan. Muatan materinya adalah dari Bab I sampai dengan Bab III.

Contoh soal latihan disertai dengan jawaban yang dapat ditemui pada halaman ini di bagian bawah.

Berikut adalah kutipan Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

SOAL PILIHAN GANDA

1. Berikut yang bukan merupakan besaran pokok
a. Panjang
b. Meter
c. Massa
d. Waktu

2. Berikut merupakan ciri-ciri berat
a. ditentukan oleh kandungan materinya
b. tidak mengalami perubahan meskipun posisinya berubah
c. bersatuan kilogram
d. bersatuan Newton

3. Volume merupakan besaran turunan dari besaran pokok
a. Panjang
b. Meter
c. Massa
d. Waktu

4. Parto membeli satu botol air mineral berisi satu liter air. Volume minuman dalam satu liter air adalah
a. 10
b. 100
c. 1000
d. 10000

5. Untuk menentukan pertumbuhan tanaman, besaran pokok yang dapat digunakan adalah
a. Panjang dan massa
b. Massa dan waktu
c. Waktu dan panjang
d. Jawaban tidak ada yang benar

15. Berikut merupakan contoh Insecta
a. Udang
b. Belalang
c. Kalajengking d. Kelabang

16. Berikut merupakan contoh kelompok hewan bertulang belakang
a. Platyheminthes
b. Nemathelminthes
c. Aves
d. Echinodermata

17. Berikut merupakan ciri-ciri larutan asam
a. Tidak menimbulkan korosi
b. Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
c. Mengubah kertas lamus biru menjadi merah
d. Tidak menimbulkan efek perubahan warna pada kertas lakmus

18. Pada larutan asam, kunyit, kubis merah, dan ekstrak bunga kembang sepatu akan berwarna
a. Kuning cerah, merah, dan merah cerah
b. Jingga, merah cerah, merah
c. Merah, merah cerah, kuning
d. Kuning, jingga, merah

19. Prinsip kerja memisahkan campuran yang didasarkan pada perbedaan titik didih dari zat cair yang bercampur sehingga saat menguap setiap zat akan terpisah . Prinsip kerja semacam ini disebut dengan
a. Filtrasi
b. Sentrifugasi
c. Kromatografi
d. Distilasi

20. Berikut merupakan contoh-contoh perubahan materi
1. Kayu diubah menjadi kursi
2. Air berubah menjadi es
3. Beras diubah menjadi tepung beras
4. Perkaratan besi
5. Singkong menjadi tapai
6. Makanan basi
Contoh perubahan fisikda ditunjukkan pada nomor
a. 1, 3, 4
b. 2, 3, 6
c. 1, 2, 3
d. 4, 5, 6

Berikut adalah tautan Download Contoh Soal Beserta Jawaban Siap Penilaian Tengah Semester (PTS) 1/Ganjil SMP-MTs Mapel IPA Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Download Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7 K13

BACA JUGA:

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 Prakarya-K13

Soal-Jawab PTS 1 SMP-MTs Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTS Kelas 7 PAI dan Budi Pekerti-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 Matematika-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 SMP-MTs Kelas 7 IPS-K13

Soal-Jawab Siap PTS 1 Bahasa Indonesia SMP-MTs Kelas 7-K13

Posting Komentar untuk "Soal-Jawab Siap PTS 1 IPA SMP-MTs Kelas 7 K13"