Cara Super Mudah dan Gratis Mengubah Pdf ke Word (doc/docx)

| 17 Februari 2017

pdf ke word 
Pekerjaan administratif kita sebagai seorang guru memang seringkali berhadapan dengan pemanfaatan tekonologi terkini. Jika kita enggan berjibaku dengan perkembangan teknologi, maka akan sulit bagi kita untuk menyebut diri kita sebagai guru yang kekinian....hehehe.

Salah satu hal yang sering kita jumpai pada saat kita berhadapan dengan tugas administratif kita adalah kesulitan mengubah file yang kita unduh menjadi berkas dengan ekstensi yang kita inginkan. Sebagai contoh, kita mengunduh berkas pdf, padahal kita menginginkan berkas unduhan itu berekstensi doc atau docx atau berkas yang dapat dibaca di program pengolah kata.

Kesulitan ini kadang-kadang membuat kita jengkel juga. Bahkan ada beberapa teman yang kemudian menyalin berkas unduhan tersebut ke dalam berkas berekstensi doc atau docx secara manual. Hal ini tentu saja tidak dapat kita tertawakan sebagai sebuah bentuk kegaptekan. Masing-masing orang mempunyai keterbatasannya sendiri-sendiri.

Namun demikian, kisah yang terjadi pada teman saya tersebut tidak perlu terjadi pada Anda. Tulisan kali ini memberikan kepada Anda cara atau tips mudah dan gratis mengubah file pdf ke word (doc atau docx). Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama, siapkan berkas pdf yang hendak Anda ubah ke word (doc atau docx). Jangan lupa juga siapkan koneksi internetnya. 
  • Kedua, buka browser atau peramban. Baik Chrome, Mozillla ataupun UC Browser adalah merk peramban yang sangat dianjurkan. 
  • Ketiga, buka alamat ini: http://pdf2docx.com/id/ . Anda akan melihat antarmuka atau interface sebagai berikut: 

Antarmuka (interface) Halaman Depan http://pdf2docx.com/id/


  • Keempat, pilih jenis pengubahan. Seperti yang kita tahu, file word secara umum mempunyai dua ekstensi, yaitu doc dan docx. Untuk memilih jenis pengubahan, klik beberapa menu di situ, ada PDF to DOC dan Ada pula PDF to DOCX.  Sekedar saran, pilihlah file word yang lebih efisien dari segi kapasitas data, yaitu DOCX. Lihat gambar berikut untuk ilustrasi: 





  • Kelima, klik tombol hijau yang bertuliskan unggah. Unggahlah berkas pdf Anda untuk diubah ke word. 
  • Keenam, setelah diunggah, biarkan dokumen Anda diubah oleh sistem. Tunggu sebentar saja kemudian klik tombol berwarna abu-abu yang bertuliskan 'Unduh Semua'
  • Ketujuah, setelah diunduh, Anda harus mengekstrak file unduhan karena berkas unduhan tersebut berbentuk file kompresi berekstensi zip. 
  • Proses selesai. 
Demikian tips cara atau kiat praktis mengubah file/berkas pdf ke word secara gratisan saja. Jika masih ada yang hendak ditanyakan, silahkan berpartisipasi di kolom komentar. Terima kasih.


InformasiGuru.Com Updated at: 14.09

1 comments:

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.