Jurus Menangkal Calo Pada Seleksi CPNS Tahun 2018

| 02 Oktober 2018

Jurus Menangkal Calo pada Seleksi CPNS Tahun 2018 ini Tidak Memberi Ruang Bagi Calo untuk Beraksi

Jurus Menangkal Calo pada Seleksi CPNS Tahun 2018 ini Tidak Memberi Ruang Bagi Calo untuk Beraksi



Seleksi CPNS tahun 2018 ini diharapkan oleh banyak pihak untuk menjadi transparan dan akuntabel. Dengan menghadirkan transparansi dan akuntabilitas, maka praktik penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2018 ini dapat memenuhi keinginan banyak pihak untuk menjadi seleksi yang bersih dan bermartabat.

Praktik percaloan yang pernah sekian lama menjadi momok dalam rekrutmen CPNS telah menjadi momok bersama, terutama dari pihak peserta. Praktik percaloan dalam rekrutmen aparat negara memang mencederai rasa keadilan masyarakat.

Di era informasi dan teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini, penggunaan teknologi informasi dioptimalkan oleh pemerintah untuk menjamin terselenggaranya seleksi CPNS yang bersih dan transparan.

Berikut beberapa jurus menangkal calo pada seleksi CPNS tahun 2018 seperti yang dikutip pada situs web resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi:

1. Jurus Pengamanan Berlapis pada Tingkat Soal

Pengamanan berlapis dimulai dari kerahasiaan soal. Soal yang dibuat kemudian dienkripsi dan dikunci. Kunci atau akses terhadap soal hanya dapat diakses oleh tiga lembaga negara secara simultan. Dengan demikian, jika salah satu lembaga meminta akses terhadap soal, ia tidak akan bisa melakukannya apabila tidak dibuka bersama-sama oleh dua lembaga yang lain. Dengan demikian, kemungkinan calo dari orang dalam sudah sangat terbatasi.

2. Jurus Pengamanan pada Perangkat Pengerjaan Soal

Perangkat pengerjaan soal dalam hal ini dibantu dengan CAT atau computer assisted test pada saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Dengan menggunakan perangkat ini, maka soal akan diacak dengan metode randomisasi soal. Situasi demikian memungkinkan setiap peserta memperoleh soal yang unik dan berbeda dengan para peserta lain. Hal ini tentu saja efektif untuk para calo yang menawarkan soal yang pasti keluar nantinya pada saat tes berlangsung.


3. Jurus Pengamanan pada Tingkat Lokasi Tes.

Jurus penangkal calo seleksi CPNS tahun 2018 menggunakan tiga pengamanan berlapis. Pengamanan yang pertama tentu saja diterapkan pada tempat peserta menunggu ujian. Tempat para peserta menunggu ujian ini akan diawasi secara ketat oleh panitia. Calo yang dimungkinkan berkeliaran pun akan mudah dipantau. Pengamanan yang kedua adalah pengamanan di ruang penjelasan CAT. Pada saat peserta masuk ruangan ini, maka panitia akan melakukan penggeledahan. Dengan demikian, para peserta yang mencoba untuk membawa alat yang tidak diijinkan, pasti akan ketahuan oleh panitia. Sebagai tambahan informasi, dari pengalaman penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2017 lalu, ada peserta ujian yang kedapatan membawa jimat dan alat-alat lain yang tentu saja dilarang. Penggunaan jimat ini tentu saja mengusik nalar sehat kita. Apa iya di jaman teknologi yang berkembang progresif nan pesat seperti sekarang ini jimat masih punya kesaktian? Alangkah lebih bijaksana jika 'jimat' yang dipakai adalah kekuasaan Allah semata dan tentu saja 'jimat' dari diri peserta sendiri, yaitu kerja keras dalam mempersiapakn segal sesuatunya. Pengamanan yang terakhir pda tingkat lokasi tes adalah dengan memeriksa kembali para peserta sebelum masuk ruang ujian.

Jurus menangkal calo yang akan diimplementasikan nantinya diharapkan dapat mempersempit ruang gelak calo. Jika para peserta masih menggunakan akal sehat dalam memandu langkah, maka hendaknya mereka akan berkata tidak terhadap siapa saja yang menawarkan atau menjanjikan apa saja yang intinya memberi harapan pada mereka untuk dapat diterima menjadi CPNS pada seleksi CPNS tahun 2018 ini.

Sudah saatnya kita katakan 'TIDAK' kepada para calo.


SUMBER: KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI


InformasiGuru.Com Updated at: 09.12

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!