Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf

| 08 April 2019

Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf

Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf




Madrasah adalah institusi pendidikan Islam yang lahir dari sejarah panjang bangsa Indonesia. Madrasah lahir sebagai respons para ulama dan kyai (panghulu) atas kondisi pendidikan yang memprihatinkan. Madrasah lahir sebagai wadah para intelektual yang memperjuangkan harkat dan martabat bangsa, negara, agama dan masyarakatnya, serta menyiapkan generasi-generasi yang tidak hanya berilmu, tetapi juga berakhlakul karimah, dan berwawasan global.

Madrasah sebagai institusi selalu beradaptasi dengan kondisi zaman. Madrasah dengan ciri khas keislaman selalu bisa menemukan mementum untuk menjawab tantangan zaman yang semakin berat. Dunia sekarang dihadapkan dengan beragam persoalan dan harus menjawabnya untuk mewujudkan cita-cita global, yakni hidup damai dan sejahtera di antara penduduk bumi, tanpa memandang suku, golongan, ras dan agama.

Tentu, mewujudkan cita-cita tersebut tidaklah mudah. Diperlukan perencanaan yang matang, sistematis, terukur dan sustainable (berkelanjutan). Kehidupan dunia yang selalu diganggu dan dikacaukan oleh oknum-oknum yang sengat memperebutkan kekuasaan, menciptakan ketidakadilan, mau menang sendiri, eksklusif dan berpikiran sempit, menyulut berbagai aksi kekerasan (radikalisme), terorisme dan konflik yang berkepanjangan dan tak ada ujungnya.

Tentu saja, semua persoalan itu menjadi tanggung jawab bersama. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, rasanya tidak berlebihan bila harus segera dimulai sekarang, tanpa menunda-nunda. Madrasah sebagai lembaga pendidikan juga bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut, melalui jalur pendidikan. Jalur pendidikan inilah yang akan memutus mata rantai persoalan tersebut, yakni melalui program implementasi pendidikan multikultural.

Meskipun tidak dibunyikan bahwa “madrasah sudah multikultural”, pada dasarnya nilai-nilai universal multikultural sudah tertanam lama di madrasah. Cuman tidak semua orang menyadari akan hal tersebut. Nah, buku modul I ini, selain menyadarkan kepada kita semua bahwa madrasah sudah memiliki potensi multikultural, juga memberikan petunjuk untuk mengimplementasikan pendidikan multikultural di madrasah. Selamat membaca dan selamat mengimplementasikannya.

Modul II ini memberikan landasan tentang mengapa multikulutal itu penting sebagai bentuk deradikalisasi. Deradikalisasi dalam modul II ini didasarkan pada pemahaman terhadap al-Qur’an dan hadis serta konsep-konsep ayang sering diselewengkan oleh kelompok radikal. Dalam modul II ini konsep-konsep penting itu diluruskan sehingga tidak menimbulkan pemahaman yang radikal. Selamat membaca dan selamat mengimplementasikannya.

Modul III ini membeberkan tentang implikasi pemahaman al-Qur’an dan hadis yang radikal yang akan menganggu ketentraman dan kedamaian hidup dan bahkan juga menganggu stabilitas politik dan sosial. Modul II ini juga dilengkapi contoh-contoh bagaimana memahami ayat- ayat dan hadis-hadis penting yang biasanya digunakan sebagai legitimasi oleh kelompok radikal untuk melakukan tindakan-tindakan radikal. Dalam modul III ini, ayat-ayat dan hadis-hadis tersebut dipahami secara berbeda. Nah, buku ini, selain menyadarkan kepada kita semua bahwa madrasah sudah memiliki potensi multikultural, juga memberikan guide untuk mengimplementasikan pendidikan multikultural di madrasah.

Selamat membaca dan selamat mengimplementasikan-Nya.

Berikut adalah tautan Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf:

Download Buku Pengayaan (Modul I, II, III) Madrasah Multikultural pdf


InformasiGuru.Com Updated at: 13.52

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!