Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG 2019 Bahasa Indonesia SD

| 13 Mei 2019

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD

Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD






A. RASIONAL

Pengembangan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini didasarkan pada hasil evaluasi penyelenggaraan PPG PGDK 2018 dalam rangka sertiļ¬kasi guru melalui jalur PPG. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tingkat kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG-PDGK relatif masih rendah, yaitu dibawah 35%.

Oleh karena itu, perlu adanya suatu cara untuk membekali pengetahuan peserta PPG-PGDK dan meningkatkan kelulusan sesuai dengan harapan yang telah ditargetkan pemerintah pada program tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sumber belajar.

Menurut AECT (Association of Education Communication Technology) sumber belajar terdiri atas message, people, materials, device, technique, dan setting. Sumber belajar yang dapat dikembangkan untuk membantu peningkatan pengetahuan dan kelulusan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) peserta PPG PDGK 2018 berupa materials. Materials atau bahan yang dimaksud berupa soal-soal dan pembahasannya. Soal-soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tahun 2018 yang dikembangkan oleh tim penyusun soal UP pusat.

B. TUJUAN PENULISAN

Penulisan Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD ini bertujuan untuk membantu penyiapan peserta PPG-PGDK dalam mempersiapkan diri menghadapi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) PPG. Sumber belajar ini dapat digunakan secara mandiri maupun termbimbing.

C. CARA PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN BAHAN PENGAYAAN DAN REMIDIAL

1. Membaca secara menyeluruh dan cermat maksud dan tujuan pembuatan yang termuat di BAB 1.
2. Perhatikan secara cermat indikator/ kisi-kisi yang terjelaskan di BAB II. Perhatikan setiap soal yang menjadi contoh dari setiap indikator. Coba kerjakan, serta cocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang tersedia. Pelajari pembahasan yang tertera dari setiap soal/ indikator.
3. Tulislah hal yang dianggap penting dalam buku catatan dan didiskusikan dengan sejawat, baik isi, penjelasan dan peluang pengembangannya.
4. Coba kerjakan soal latihan yang ada di BAB III tanpa melihat kunci jawaban.
5. Cocokan hasil kerjaan dengan kunci jawaban. Jika masih ada kesalahan, cek kembali pemahaman anda dengan pembahasan yang ada di BAB II
6. Perluas pengetahuan anda dengan mencari soal maupun sumber materi yang lain

KISI-KISI (INDIKATOR ESSENSIAL), CONTOH SOAL, PEMBAHASAN

Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi- kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional.

Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) merencanakan pembelajaran yang mendidik, (2) merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan (3) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam (1) menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam, (2) menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, (3) mengelola informasi, (4) mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, (5) menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, (6) merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan (7) bekerja di bidang keahlian pokok.


Kompetensi Capaian Pembelajaran Indikator Esensial
Profesional Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia Menganalisis sifat bahasa
Soal
1.  Status sosial dan latar belakang budaya yang berbeda dari setiap anggota masyarakat
memunculkan adanya idiolek, dialek, dan ragam bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat .......
A. konvensional B.  unik               C.  dinamis          D. bervariasi      E.  produktif
Pembahasan
Jawaban: D. Bervariasi
Setiap anggota masyarakat suatu bahasa biasanya terdiri dari berbagai status sosial dan latar belakang budaya yang tidak sama sehingga bahasa yang digunakan menjadi bervariasi. Ada tiga istilah dalam variasi bahasa yaitu 1) idiolek: ragam bahasa yang bersifat perorangan;
2) dialek: variasi bahasa sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat/ suatu waktu;
3) ragam: variasi bahasa yang digunakan dalam situasi  tertentu (ragam baku& ragam tidak baku). Munculnya variasi bahasa tersebut menunjukkan bahwa bahasa bersifat bervariasi.
Soal
2. Seorang penyair memilih kata-kata tertentu sesuai dengan maksud dan perasaan yang ingin
disampaikannya ketika menulis puisi. Fungsi bahasa yang digunakan oleh penyair tersebut adalah … .

Selengkapnya, Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD pada tautan berikut:


Download Materi Bahan Pengayaan dan Remediasi PPG Tahun 2019 Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia SD


InformasiGuru.Com Updated at: 02.15

0 comments:

Posting Komentar

Masukan dari Anda Terhadap Tulisan Kami Akan Sangat Kami Apresiasi. Terima Kasih dan Selamat Berpartisipasi!