Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan LDBI SMA Tahun 2018

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018







Globalisasi sebagai suatu proses sosial dan proses alamiah akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain dan mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Fenomena ini bukan hanya membawa dampak, tetapi juga menjadi memberikan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi.

Kompetensi yang dibutuhkan sebagai kompetensi generasi muda masa depan adalah kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang efektif, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat luas mengenai hidup, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi Kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan mewadahi peserta didik, dalam hal ini peserta didik SMA, dengan kegiatan positif yang memacu semangat berkompetisi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain dengan melaksanakan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat Nasional.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 12 Agustus 2018 di Kota Bengkulu ini bertujuan untuk melatih peserta didik SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu berkomunikasi secara efektif, serta mampu menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa Indonesia yang baik.

Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018 ini disusun dengan maksud memberikan gambaran operasional pelaksanaan kegiatan sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai LDBI Tahun 2018.

Semoga Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018 ini bermanfaat dan selamat berkompetisi.

Berikut adalah tautan Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018:


Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018


Berikut adalah kutipan dari Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan LDBI SMA Tahun 2018 tersebut:



BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Berdasarkan Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ke-3 di dunia. Namun, dampak baik dari demokrasi tersebut tidak selalu tampak dalam kebijakan yang dijalani Pemerintah ataupun dalam kondisi yang terdapat di masyarakat. Untuk itu, diperlukan suatu masyarakat sipil yang aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dalam hal menyuarakan pendapat, memberikan kritik membangun terhadap kebijakan yang tengah dijalankan, dan mengajukan solusi atas masalah-masalah sosial.

Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) merupakan lomba debat bagi siswa tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai bakat dan minat dalam debat untuk memilih peserta yang terbaik. Para peserta didik akan difasilitasi untuk mengembangkan kemampuan argumentasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik. Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

B. Tujuan  Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

1. Umum

a. Memperluas wawasan para peserta didik sekolah menengah atas agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumentasi di depan publik dengan bahasa Indonesia yang efektif.

b. Melatih peserta didik untuk menyampaikan pendapat dengan sistematis, dapat berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif, serta bersikap sportif.

c. Membekali peserta didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan

berkomunikasi dengan baik melalui debat peserta didik.

2. Khusus

a. Membangun antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.

b. Membangun kemampuan berpikir kritis dan analitis terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.

c. Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerja sama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

E. Pengertian Berdasarkan Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

1. Pendebat adalah tiga orang peserta yang mengikuti perlombaan.

2. Ketua Panitia adalah orang yang mengatur jalannya perlombaan.

3. Ketua Juri adalah seorang juri yang mengatur mekanisme penjurian.

4. Wakil Ketua Juri adalah satu atau beberapa juri yang ikut membantu tugas ketua Juri dalam penjurian.

5. Juri Undangan adalah juri yang diundang oleh lembaga penyelenggara LDBI.

6. Juri N1 adalah perwakilan juri guru yang berasal dari tim peserta LDBI.

7. Tabulator adalah orang yang bertanggung jawab terhadap tabulasi penilaian dalam perlombaan.

BAB II MEKANISME SELEKSI DAN PENILAIAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI) SMA TAHUN 2018

A. Kriteria Peserta Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

1. Peserta LDBI adalah Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang bertempat tinggal dan menempuh pendidikan di wilayah Republik Indonesia.

2. Pendebat adalah peserta didik aktif (kelas X, XI, XII) di SMA/MA Negeri atau Swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar.

3. Satu tim wajib terdiri atas tiga pendebat dan satu juri N1.

4. Satu tim debat adalah kumpulan pembicara terbaik yang terseleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi

5. Juri N1 adalah guru dari Provinsi asal pendebat.

6. Pendebat wajib mengikuti Seminar Debat

7. Juri N1 wajib mengikuti Seminar Penjurian, Akreditasi Penjurian, dan proses penjurian selama lomba. Apabila juri N1 tidak mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, Tim Provinsi dari guru yang bersangkutan hanya diperbolehkan bertanding di babak penyisihan.

8. Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apa pun. Jika terjadi pergantian anggota tim, tim tersebut hanya diperbolehkan untuk tetap bertanding di babak penyisihan.

9. Peserta belum pernah menjadi pemenang (juara tim 1, 2, 3, 4/ semifinalis) ataupun pembicara terbaik (Best Speakers) dari NSDC dan LDBI Tingkat Nasional.

B. Tahapan Seleksi  Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

Tahapan LDBI melalui beberapa tahap perlombaan berikut.

1. Tingkat Sekolah

Setiap sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan satu
tim debat. Satu tim terdiri atas tiga peserta didik sebagai pendebat dan satu orang guru sebagai juri N1 yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota.

2. Tingkat Kabupaten/Kota

Setiap Kabupaten/Kota wajib melakukan seleksi untuk menentukan satu tim debat yang nantinya akan mewakili Kabupaten/Kota ke perlombaan tingkat Provinsi. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil seleksi tingkat Kabupaten/Kota dan satu orang guru sebagai juri N1.

3. Tingkat Provinsi

Setiap provinsi wajib melakukan seleksi untuk menentukan satu tim debat terpilih, yang akan mewakili Provinsi ke Seleksi Tingkat Nasional. Seleksi Tingkat Provinsi dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil Seleksi Tingkat Provinsi dan satu orang guru sebagai juri N1.

4. Tingkat Nasional

Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang Tingkat Provinsi se-Indonesia yang berjumlah 34 tim. Semua peserta berjumlah 136 orang, yang terdiri atas 102 peserta peserta didik pendebat dan 34 guru juri N1.

C. Sistem Lomba

Sistem yang digunakan dalam LDBI adalah Asian Parliamentary System.

1. Babak Penyisihan

Terdapat 5 babak penyisihan untuk menentukan 16 tim terbaik yang berhak maju ke babak perdelapan besar. Semua tim wajib mengikuti kelima babak tersebut.
2. Babak Perdelapan Final

Babak ini merupakan babak gugur. Terdapat 16 tim terbaik hasil babak penyisihan yang berdebat di 8 ruang debat. Tim pemenang di tiap-tiap ruang akan maju ke babak perempat final.

3. Babak Perempat Final

Babak ini diikuti oleh 8 tim pemenang babak perdelapan final yang berdebat di 4 ruang debat. Tim pemenang di tiap-tiap ruang akan maju ke babak semifinal.

4. Babak Semifinal

Babak ini diikuti oleh 4 tim pemenang babak perempat final yang berdebat di 2 ruang debat. Tim pemenang dari tiap-tiap ruang akan maju ke babak final. Dua tim yang kalah di babak ini akan menempati juara 3 bersama.

5. Babak Final

Babak ini merupakan babak puncak yang mempertemukan 2 tim pemenang babak semifinal untuk menentukan juara 1 dan 2.

D. Kriteria Penilaian

Penilaian dalam LDBI mencakup hal-hal berikut.

1. Isi

Isi adalah logika argumentasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argument, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumentasi lawan juga bobot yang sama dengan argumen, yang harus dibuktikan logika serta relevansinya.
2. Penyampaian

Penyampaian adalah cara pembicara menyampaikan argumentasinya, menyangkut bagaimana pembicara mengontrol sikap tubuh, volume suara, kontak mata, dan variasi ekspresi untuk membuat pidatonya menarik dan enak didengarkan.

3. Strategi

Strategi menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik dan menggunakan strategi pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi.

Secara individual, penilaian substansi debat berdasarkan pada ketentuan berikut.

E. Penilaian Tim Berdasarkan Perolehan

a. Poin kemenangan (Victory Points). Poin kemenangan adalah jumlah
kemenangan tim di babak penyisihan.
b. Skor tim. Skor tim merupakan akumulasi skor individu dalam satu babak. c. Margin skor kemenangan. Margin skor ini merupakan selisih nilai
anatara dua tim yang bertanding.

F. Dewan Juri Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

Juri di LDBI terdiri atas ketua juri, wakil ketua juri, juri undangan, dan juri N1.

1. Ketua juri dan wakil ketua juri dipilih oleh Direktorat Pembinaan SMA.

2. Juri undangan ditentukan oleh ketua dan wakil ketua juri yang berkoordinasi dengan Direktorat Pembinaan SMA. Juri undangan ini dipilih atas dasar kompetensi dalam debat atau pengalaman menjadi juri nasional/internasional.

3. Juri N1 adalah guru yang berfungsi sebagai perwakilan juri dari Provinsi. Juri N1 wajib mengikuti seminar dan akreditasi juri.

G. Akreditasi Juri

Juri N1 wajib mengikuti semua proses akreditasi. Mekanisme akreditasi juri adalah sebagai berikut.

1. Mengikuti seminar penjurian dan penilaian terhadap eksibisi debat.

2. Wajib mengikuti penilaian di semua babak penyisihan.

3. Juri N1 yang dinyatakan terakreditasi dapat diikutkan sebagai juri di babak gugur.

4. Hasil akreditasi berupa penilaian diberikan setelah selesai acara debat. Hasil akreditasi berupa juri terakreditasi A, juri terakreditasi B, dan juri terakreditasi C.

5. Juri N1 yang tidak berhasil terakreditasi akan masuk kategori juri trainee.

BAB III ACUAN SUSUNAN ACARA DAN JADWAL KEGIATAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI) SMA TAHUN 2018

A. Rangkaian Acara dalam LDBI Tingkat Nasional

1) Upacara Pembukaan.

2) Seminar Debat, yang merupakan pertemuan teknis antartim peserta. Materi seminar adalah penjelasan sistem dan strategi perlombaan.

3) Seminar Penjurian, yang merupakan ajang akreditasi bagi calon juri.
Materi dalam seminar ini adalah tata cara penilaian. Seminar ini diikuti dengan tes bagi calon juri. Seminar ini diadakan bersamaan waktunya dengan Seminar Debat.

4) Malam kesenian, yang merupakan malam apresiasi budaya Nusantara yang diadakan pada babak final dan penutupan. Semua peserta LDBI wajib mengenakan pakaian daerah masing-masing.

5) Perlombaan debat dari babak penyisihan sampai dengan babak final.

6) Penutupan.

B. Jadwal Kegiatan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018


Kegiatan Waktu
Seleksi Tingkat Sekolah Januari
Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota Februari
Seleksi Tingkat Provinsi Maret
LDBI Tingkat Nasional 5 – 12 Agustus 2018

Demikian tulisan tentang

Download Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) SMA Tahun 2018

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Buku Panduan/Pedoman Pelaksanaan LDBI SMA Tahun 2018"