Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juara Umum OSN Ke- 17 Tahun 2018 Tetap Dipegang DKI Jakarta

DKI Jakarta Pertahankan Juara Umum Olimpiade Sains Nasional Tahun 2018 di Padang

DKI Jakarta Pertahankan Juara Umum Olimpiade Sains Nasional Tahun 2018






Pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, masih memunculkan Provinsi DKI Jakarta sebagai juara umum. Total terdapat sebanyak 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu yang diraih oleh provinsi yang menjadi ibu kota Indonesia pada gelaran tahunan bergengsi di bidang sains tersebut.

Pada perhelatan OSN 2018 kali ini, memunculkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara kedua dengan raihan 13 medali emas, 18 medali perak, dan 26 medali perunggu.

Sementara itu, Provinsi Banten berhasil berada di peringkat tiga dengan perolehan 11 medali emas, 14 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, memberikan ucapan selamat dan motivasi kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018. Beliau berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” yakin Mendikbud kala memberikan sambutan dalam acara Penutupan Olimpiade Sains Nasional 2018 di Kota Padang, Sumatra Barat, Jumat (6/7/2018).

Perhelatan OSN yang ke-17 ini diikuti oleh 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Muhadjir memaparkan, pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, lapangan terbang, dan lainnya. Infrastruktur itu tak akan ada manfaatnya jika tidak disiapkan dengan sungguh-sungguh sumber daya manusia yang mengoperasikan infrastruktur tersebut.

“Kita butuh menyiapkan teknokrat-teknokrat yang akan mengisi teknostruktur dan kita butuh orang-orang yang menguasai teknologi itu sekaligus kreatif,” jelas mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Pemerintah sungguh mengapresiasi segala upaya yang maksimal kepada pemerintah daerah Sumatra Barat yang telah mendukung penyelenggaraan OSN tahun ini sehingga berjalan baik dan lancar. “Begitu senangnya kami menjadi tuan rumah pada tahun ini,” pungkas Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, pada kesempatan yang sama.

Sekian tulisan yang berjudul:

Juara Umum OSN Ke- 17 Tahun 2018 Tetap Dipegang DKI Jakarta

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Juara Umum OSN Ke- 17 Tahun 2018 Tetap Dipegang DKI Jakarta"