Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

117 GTK Raih Penghargaan Dari Kemendikbud

Kemendikbud Kembali Memberi Apresiasi Atas Prestasi dan Dedikasi GTK Tanah Air

Kemendikbud Kembali Memberi Apresiasi Atas Prestasi dan Dedikasi GTK Tanah Air






Kemendikbud mengulang lagi seperti tahun-tahun sebelumnya dengan memberikan apresiasi atas prestasi dan dedikasi guru dan tenaga kependidikan (GTK) tanah air. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menganugerahkan penghargaan kepada sebanyak 117 GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2018 ini.

"Anda yang hadir di sini semuanya adalah juara. Kepada yang malam ini dinyatakan sebagai pemenang, saya ucapkan selamat. Kepada yang belum, tetap semangat meningkatkan kompetensi dan memberikan layanan terbaik demi kemajuan pendidikan di Indonesia," dipaparkan Mendikbud Muhadjir Effendy, pada Malam Apresiasi Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2018, di Plaza Insan Berprestasi, kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (15/8).

Sebagai insan pendidik, guru memiliki peran yang vital dan strategis, juga menjadi faktor sentral kesuksesan proses belajar mengajar di sekolah. Karenanya, kualitas guru dan tenaga kependidikan/ GTK sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam rangka menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap individu peserta didik. "Guru yang tidak hanya mengajar, tetapi berhasil menyentuh hati dan jiwa peserta didik, akan dapat membentuk karakter anak," jelas Muhadjir.

Atas nama pemerintah, Mendikbud menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas komitmen keprofesian, prestasi, dedikasi, tanggung jawab, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh para GTK dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. "Marilah kita jadikan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tahun 2018 ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia. Sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter, dan mampu bersaing dalam kancah pergaulan internasional," himbaunya.

Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2018 diselenggarakan mulai tanggal 11 s.d 18 Agustus 2018. Ajang tahunan bergengsi ini diikuti 908 orang GTK, yang terdiri dari unsur guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan, yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi. Tahun ini kategori mata lomba dibagi menjadi 39 kategori, dan ditentukan pemenang juara I, II, dan III untuk semua kategori lomba.

"Penilaian tidak lagi hanya fokus pada kompetensi teknis dan akademis tetapi juga meliputi soft skill mencakup kompetensi sosial. Peserta diuji kemampuannya bekerja sama, berkomunikasi, pemecahan masalah, dan literasi digital," dilaporkan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Supriano.

Tak lupa, para peserta juga diuji kedalaman pemahamannya terkait nasionalisme, dan cinta tanah air yang dikemas dalam bentuk aktivitas permainan dan tugas proyek kelompok. Tahun ini sistem pemberkasan dilakukan secara paperless. Penjurian dilakukan oleh para profesional dari berbagai unsur, di antaranya perguruan tinggi, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Perpustakaan Nasional, serta praktisi dari industri. "Profesi guru dan tenaga kependidikan akan selalu ada dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka, peningkatan kemampuan profesionalisme GTK mutlak dilakukan," tegas Supriano.

Melalui kegiatan Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi, diharapkan dapat memberikan rasa kebanggaan dan motivasi bagi para GTK tanah air. "Serta membangkitkan tekad yang semakin kuat untuk terus memberikan pengabdian terbaik melalui karya-karya inovatif, inspiratif dan dedikasi yang tinggi," tutup Supriano.

Sekian tulisan yang berjudul:

Mendikbud Apresiasi Dedikasi dan Prestasi GTK Tanah Air

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "117 GTK Raih Penghargaan Dari Kemendikbud"