Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menpan-RB Restui Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS Baru

Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS Baru Untuk Honorer dan Umum Mendapat Persetujuan  dan Restu Dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Menpan-RB

Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS Baru Untuk Honorer dan Umum Mendapat Persetujuan Dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Menpan-RB






Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memberikan tanda setuju dan merestui terkait usulan pengangkatan 100 ribu guru PNS baru, baik dari jalur guru honorer maupun dari umum . Segala proses seleksi penerimaan guru CPNS ini seutuhnya mutlak menjadi kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Alhamdulillah, kita usulkan 100 ribu guru PNS baru dan sudah kita bicarakan dengan bapak Wakil Presiden. Inshaallah juga disetujui Menpan-RB untuk tahun ini sebanyak 100 ribu CPNS seperti sudah disampaikan sebelumnya,” papar Muhadjir, di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Beliau menandaskan lagi bahwa penentuan proporsi guru yang akan diangkat baik dari jalur guru honorer maupun kategori guru CPNS jalur umum, bukanlah merupakan kewenangan dari Mendikbud. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebatas hanya dalam hal menyampaikan kriteria-kriteria sesuai kebutuhan yang ada.

“Jadi 100 ribu itu tidak musti dari honorer semua ya, walaupun honorer tetap akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi,” tandas Mendikbud untuk meluruskan isu liar yang beredar terkait berita tentang pengangkatan khusus guru honorer.


Kemudian, Muhadjir menerangkan bahwa sekarang ini sebenarnya minimal dibutuhkan 736 ribu guru PNS baru. Jumlah tersebut diproyeksikan untuk mengganti guru-guru yang pensiun dan sekaligus untuk penempatan di sekolah-sekolah baru dan sekolah-sekolah di daerah khusus.

“Penambahannya dilakukan bertahap setiap tahun mulai tahun ini dengan jumlah kuota yang signifikan setelah beberapa tahun ditetapkan moratorium pengangkatan guru PNS,” tutup Muhadjir.

Demikian tulisan tentang

Menpan-RB Restui Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS Baru

Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

Posting Komentar untuk "Menpan-RB Restui Usulan Pengangkatan 100 Ribu Guru PNS Baru "