Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fasilitasi Pendataan Kebekerjaan dan Informasi Kesempatan Kerja Lulusan SMK melalui BKK Online

Pemberitahuan Fasilitasi  Pendataan  Kebekerjaan  dan Informasi  Kesempatan  Kerja Lulusan  SMK melalui  BKK Online

Pemberitahuan Fasilitasi  Pendataan  Kebekerjaan  dan Informasi  Kesempatan  Kerja Lulusan  SMK melalui  BKK Online

Nomor: 11542/05.6/TU/2019

Hal: Fasilitasi Pendataan Kebekerjaan dan Informasi Kesempatan Kerja Lulusan SMK melalui BKK Online

31 Mei 2019


Yth. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Seluruh Indonesia

Sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia, pemerintah terus berupaya menyelenggarakan program-program untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui sekolah menengah kejuruan. Peningkatan kualitas sumber daya dirnaksud bertujuan guna memastikan ketersediaan sumber daya manusia terampil dan kompeten pada level menengah yang dapat mendukung pertumbuhan ekonorni nasional melalui SMK. Fasilitasi kebekerjaan Julusan SMK menjadi prioritas pemerintah untuk memastikan bahwa lulusan SMK yang telah dibekali dengan keterampilan dapat berkarya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Bursa Kerja Khusus (BKK.) SMK adalah Bursa Kerja di SMK yang melakukan kegiatan/memberikan layanan berupa informasi pasar kerja, pendaftaran pencari kerja, penyuluhan dan bimbingan jabatan, penyaluran dan penempatan pencari kerja. Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BKK, Direktorat Pernbinaan SMK telah mengembangkan Bursa Kerja Khusus (BK.K) Online yang merupakan platform berbasis web dan android untuk pendataan kebekerjaan dan informasi kesempatan kerja bagi lulusan SMK yang terintegrasi ke Dapodik. BK.K Online saat ini telah digunakan lebih dari 1.200 SMK di seluruh wilayah Indonesia, dengan tergabung dalam BKK Online maka:
1. Pengurus BK.K dapat menyebarluaskan informasi kesempatan kerja kepada lulusan SMK
yang bersangkutan dan/atau Julusan SMK Jainnya
2. Pengurus BK.K mendapatkan akses informasi kesempatan kerja yang diunggah oleh pengurus BKK SMK lainnya ataupun kesempatan kerja yang berasal dari mitra Direktorat Pembinaan SMK
3. Lulusan SMK mendapatkan akses informasi kesempatan kerja tanpa batasan waktu dan
tempat sekaligus memperbaharui status kebekerjaan yang bersangkutan melalui aplikasi berbasis android yang menyatu dalamplatform BK.K Online
4. Pengurus BK.K dapat memperbaharui data keterserapan lulusan di dunia kerja berbasis
individu siswa, hal tersebut sekaligus merupakan pelaksanan tugas koordinator BKK sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon perkenan Saudara untuk menginstruksikan kepada SMK di wilayah pembinaan Saudara untuk memanfaatkan aplikasi BKK Online yang telah dikernbangkan oleh Direktorat PSMK. BKK Online dapat diakses melalui laman berikut: http://psmk.kemdikbud.go.id/bkk sedangkan aplikasi BKK Online berbasis android untuk siswa dapat di unduh melalui aplikasi playstore dengan nama aplikasi yaitu Bursa Kerja Khusus SMK dan nama pengernbang yaitu Direktorat PSMK - Subdit Lasjurin atau melaui tautan berikut: bit.ly/aplikasibkkonline.

Sebagai tambahan informasi, Direktorat Pembinaan SMK sedang rnempersiapkan aturan agar data keberkerjaan yang dihimpun melalui BKK Online dapat dijadikan dasar pertirnbangan dalam penentuan formulasi BOS Kinerja bagi SMK. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BKK Online dapat menghubungi Call Center Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri melalui Nomor HP 0811-925-2424 atau 0857-2154-9004 dengan narahubung Sdr. Rizal.

Atas perhatian Saudara kami sampaikan terima kasih.

Pemberitahuan Fasilitasi Pendataan Kebekerjaan dan Informasi Kesempatan Kerja Lulusan SMK melalui BKK Online selengkapya dapat diunduh pada tautan berikut:


Download Pemberitahuan Fasilitasi Pendataan Kebekerjaan dan Informasi Kesempatan Kerja Lulusan SMK melalui BKK Online

Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4321/fasilitasi-pendataan-kebekerjaan-dan-informasi-kesempatan-kerja-lulusan-smk-melalui-bkk-online

Posting Komentar untuk "Fasilitasi Pendataan Kebekerjaan dan Informasi Kesempatan Kerja Lulusan SMK melalui BKK Online"