Cara Stop Anak Kecanduan Main Game

| 26 April 2016




Trik Untuk Cegah Anak Kecanduan Game

Jakarta - Direktur Indonesia Heritage Foundations (IHF) Wahyu Farrah Dina dalam Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta yang diselenggarakan Kemdikbud beberapa waktu lalu berbagi tips menghindarkan anak-anak dari kecanduan game dan dampak buruknya.

Senada dengan hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan juga mewanti-wanti para orang tua agar cermat memilih jenis game untuk anak.‎ Orang tua harus pintar dan mahir memanfaatkan video game sebagai salah satu media pembelajaran sesuai minat dan kebutuhan anak. ‎
"Saya minta para pecinta game (gamers) yang telah memahami sistem rating dalam game agar turut membantu menyebarkannya kepada para orang tua dan guru," ujar Anies di Jakarta, Senin (25/4).
Kemdikbud, terangnya, terus melakukan sosialisasi untuk menghindarkan anak-anak dari kecanduan game dan dampak negatif yang menyertainya. Tidak semua game berdampak negatif untuk perlembangan anak, asal sesuai tingkatan umurnya, game juga mampu menghadirkan dampak positif yang secara signifikan mempengaruhi mental dan daya pikir anak. Mengenai game dan berbagai dampak positifnya, silahkan langsung bisa Klik di sini.

Kembali pada judul di atas, yakni tentang cara dan tips untuk mencegah anak kecanduan game, sesuai dengan apa yang telah dipaparkan oleh Direktur Indonesia Herritage Foundation (IHF) antara lain:
  • Susun jadwal aktivitas anak pengganti games: seperti olahraga, seni dan aktivitas lainnya. 
  • Sebisa mungkin jauhkan peralatan dan software games secara bertahap.
  • Letakkan Play Station, komputer atau perangkat game online lainnya di ruang terbuka.
  • Jangan pernah mengenalkan game kepada anak di bawah usia 8 tahun, kecuali game edukatif.
Demikian semoga berita ini bisa menginspirasi kita semua.
Semangat Pagi dan Salam Informasi.....

(Sumber : Kemdikbud)


InformasiGuru.Com Updated at: 08.30

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi