Model Pembelajaran Komidi Putar/Carousel

| 11 April 2016





Model pembelajaran ini merupakan aktivitas pengumpulan pemikiran dan informasi secara terstruktur yang dapat menghasilkan daftar ringkas pemikiran dan respons siswa secara masuk akal terhadap topik tertentu. Siswa membentuk kelompok kecil dan menyampaikan ide atau memberi saran terhadap permasalahan yang mengemuka. Para siswa juga memiliki kesempatan untuk menilai ide kelompok lain dan menggunakannya sebagai dasar untuk membentuk respons atau tanggapan mereka sendiri terhadap jawaban atas permasalahan.

Keterampilan
  • Bekerjasama dengan siswa lain
  • Berfikir, pengambilan keputusan
Cara Kerja
  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.
  2. Kelompok tersebut kemudian diberi kertas kosong dimana di bagian atas kertas tersebut terdapat sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan topik tertentu. Setiap lembar kertas yang dibagikan dapat berisi sebuah pertanyaan yang berbeda. 
  3. Para siswa kemudian mengerjakan tugas dengan menuliskan tanggapan atas pertanyaan yang berada di bagian atas kertas tersebut. Pada tahap ini, guru hendaknya memberikan batasan waktu bagi tiap siswa dalam kelompok untuk  pengerjaan tugas tersebut. 
  4. Setiap kelompok diberi ballpoint atau sejenisnya dengan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan proses identifikasi. 
  5. Setelah waktu pengerjaan usai, kertas diberikan kepada murid selanjutnya sehingga membentuk sebuah gerak lingkar seperti komidi putar. Dengan demikian, tiap siswa akan memperoleh kertas dari siswa lain dalam satu kelompok yang tentu saja berisi pertanyaan yang berlainan juga. 
  6. Siswa membaca tanggapan dari siswa lain dan mendiskusikan tanggapan tersebut. Jika setuju, mereka memberi sebuah tanda centang atau tanda lain yang menyatakan bahwa mereka setuju. Sebaliknya jika tidak setuju, mereka akan menuliskan alasan atas ketidaksetujuan tersebut. 
  7. Siswa kemudian diberi waktu untuk memberikan tanggapan mereka sendiri sekali lagi. Hal ini memungkinkan siswa untuk menggabungkan atau mensintesiskan pendapat siswa lain dengan pendapat siswa sendiri. 
  8. Komidi putar dapat terus dilanjutkan jika alokasi waktu memungkinkan. 
  9. Guru kemudian melanjutkan dengan tanya jawab. 
Catatan
Model Komidi Putar ini juga dapat digunakan sebagai alat evaluasi. Pertanyaan evaluatif dapat diajukan, sebagai contoh: apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Hal apa yang paling mengejutkan/menarik/ berguna bagi kamu pada hari ini? Tindakan apakah yang akan kamu ambil?

Demikian kami sajikan artikel mengenai Model Pembelajaran Komidi Putar atau Carousel. Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu? Terima kasih sebelumnya untuk komentarnya.


InformasiGuru.Com Updated at: 17.01

2 comments:

  1. Wah mantab sekali artikelnya
    Izin share ya Gan..

    BalasHapus
  2. Silahkan. Terima kasih telah berkunjung di situs ini

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Dibutuhkan Untuk Tetap Menjalin Silaturahmi