Jangan Terkecoh Surat Palsu yang Mengatasnamakan Kemendikbud, Kenali Modusnya!

| 22 April 2016





Penipuan berkedok surat palsu memang modus yang sering dipakai untuk mengecoh korban. Apalagi dengan mengatasnamakan institusi resmi negara. Hal inilah yang wajib kita waspadai supaya kita tidak menjadi korban kejahatan dengan modus serupa.

Terkait dengan dunia pendidikan, modus surat palsu tersebut juga beberapa kali ditemukan. Untuk menangkalnya, Kemendikbud memberikan petunjuk yang cukup sederhana namun sangat ampuh. Berikut adalah contoh-contohnya:
  • Waspadai kop surat yang tidak sesuai. Biasanya si penipu menggunakan kop lama yang masih menggunakan nama lama institusi. 
  • Email yang tidak sesuai. Ingat, email resmi institusi negara tidak menggunakan ekstensi gratisan (contoh: alamat@gmail.com; alamat@yahoo.com, dsb) kecuali dinyatakan lain secara resmi. 
  • Jabatan yang tidak sesuai
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh surat palsu yang mengatasnamakan Kemendikbud:


    InformasiGuru.Com Updated at: 00.48

    0 comments:

    Poskan Komentar

    Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.