Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anugerah PAUD 2016 Bagi Peran Nyata Masyarakat

Apresiasi Peran Nyata Masyarakat Melalui Anugerah PAUD 2016


Kemendikbud melalui Anugerah PAUD 2016 memberi apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap sumbangsih masyarakat di dalam usahanya ikut terlibat meningkatkan mutu pendidikan Indonesia khususnya pendidikan PAUD. Penghargaan berupa Anugerah PAUD 2016 ini ditujukan untuk pihak-pihak yang dinilai telah berperan aktif dan berinisiatif dalam pendidikan anak usia dini (PAUD).


Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 akan diserahkan kepada 15 Bunda PAUD Provinsi, 31 Bunda PAUD Kabupaten/Kota, 10 Bunda PAUD Kecamatan, dan 10 Bunda PAUD Desa, atas karya nyata dan kepedulian mereka dalam mewujudkan PAUD berkualitas di daerahnya masing-masing.

Penghargaan yang serupa juga akan diserahkan oleh Kemendikbud kepada 5 organisasi mitra dan 7 sosok peduli PAUD yang secara nyata berperan untuk meningkatkan akses dan mutu PAUD, serta mengilhami keberadaan PAUD di kepulauan, pesisir, daerah terpencil, dan daerah semi kota yang padat penduduk.

Selain itu, Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 juga akan diterima oleh 27 guru PAUD berprestasi, 13 pemenang lomba cerita rakyat, 15 pemenang lomba lagu anak, 18 pemenang cerita anak elektronik, 15 pemenang permainan mendidik (edu game), dan tujuh anak usia dini berprestasi, antara lain penghafal Al Quran, dan berprestasi di bidang seni tari, lukis, dan olahraga.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Harris Iskandar menjelaskan, kegiatan pendidikan anak usia dini adalah sebuah gerakan masyarakat yang terus berkelanjutan di berbagai daerah dan oleh berbagai lapisan masyarakat. Karena itulah tema yang diangkat dalam kegiatan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 adalah “Gerakan Nasional PAUD Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik bagi Masa Depan Anak”.
“Kita harus apresiasi semua yang terlibat, baik masyarakat umum, perusahaan swasta, bahkan negara lain yang ikut terlibat dalam mewujudkan PAUD berkualitas di Indonesia,” ucapnya ketika konferensi pers di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (27/9/2016).
Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 akan diberikan dalam rangkaian acara Gebyar PAUD 2016 pada 29 September 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud, Ella Yulaelawati mengatakan, di lokasi Gebyar PAUD di TMII, Kemendikbud juga akan menggelar arena bermain untuk ratusan anak PAUD yang akan hadir dalam gebyar PAUD 2016.

“Ada dunia anak berupa stand-stand untuk bermain peran. Ada 30 arena bermain. Anak-anak bisa bermain peran di sana. Ada juga stand kuliner,” terang Ella. Diharapkan, ada kegiatan Gebyar PAUD 2016 di TMII, kita dapat menyaksikan kreativitas anak usia dini Indonesia dalam keceriaan yang menunjukkan tubuh yang sehat dan jiwa yang gemar belajar dalam menyongsong masa depan.

Posting Komentar untuk "Anugerah PAUD 2016 Bagi Peran Nyata Masyarakat"