Kode Registrasi dan Data Prefill Pada Aplikasi Dapodik

| 17 Oktober 2016

www.informasiguru.com

Fungsi Kode Registrasi dan Data Prefill Pada Aplikasi Dapodik

Fungsi Kode Registrasi dan Data Prefill Pada Aplikasi Dapodik





Langsung saja mari kita masuk pada pembahasan tentang Kode Registrasi dan Data Prefill dalam aplikasi Dapodik. Kita mulai dulu dari Kode Registrasi ya? Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KK-DATADIK masing-masing daerah. Kode registrasi bersifat pribadi dan rahasia milik sekolah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/ memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi) dan akses terbatas lainnya yang hanya dapat diakses oleh operator sekolah.


Kode registrasi yang digunakan sama dengan kode registrasi tahun pelajaran sebelumnya. Kode registrasi ini dapat diubah melalui manajemen pendataan di dinas pendidikan (KK-DATADIK) jika dikehendaki oleh sekolah dengan alasan keamanan. Untuk satuan pendidikan SMA dan SMK, kode registrasi dapat pula dilihat melalui login website jaringan pengelola data pendidikan dengan alamat sdm.data.kemdikbud.go.id.

Kiranya hal di atas sudah cukup menggambarkan tentang apa yang dimaksud dengan kode registrasi beserta fungsinya. Selanjutnya kita akan melihat bersama tentang fungsi Data Prefill pada aplikasi Dapodik. Mari kita simak bersama!

Data prefill digunakan saat akan melakukan registrasi aplikasi Dapodik secara Offline. Data hasil kiriman dari sekolah-sekolah ke server Pusat di semester yang lalu kemudian di-package ulang agar ketika login di aplikasi yang baru, data pada aplikasi Dapodik tidak kosong, melainkan sekolah hanya tinggal melengkapi saja data yang belum terisi pada periode aplikasi sebelumnya serta mengisi data periodik.

Untuk dapat mengunduh data prefill dibutuhkan data Username dan Password yang digunakan di Aplikasi Dapodik serta Kode registrasi milik sekolah. Apabila registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2016 dilakukan secara Online, maka proses registrasi tidak memerlukan data prefill.

Aplikasi Dapodik Versi 2016 merupakan aplikasi berbasis web sehingga dalam menjalankan aplikasi ini mutlak membutuhkan web browser. Pastikan pada komputer Anda telah terinstall web browser terbaru agar aplikasi Dapodik bisa beroperasi dengan sempurna.
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Kami sangat berterima kasih jika Anda berkenan membagikan postingan ini di sebelah kiri halaman ini.

(Redaksi)





InformasiGuru.Com Updated at: 06.16

0 comments:

Poskan Komentar

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dengan berkomentar. Namun demikian, komentar Anda akan kami moderasi terlebih dahulu. Mohon maaf, menitipkan backlink yang tidak relevan dengan isi berita tidak akan kami tampilkan. Komentar yang menjurus SARA dan bersifat promosi juga tidak akan kami tampilkan. Salam sukses dan selamat berpartisipasi.